PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B TK TULUS SIWI DESA WONOTULUS PURWOREJO JAWA TENGAH

Laila Salsabiila, NIM.: 19104030011 (2024) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B TK TULUS SIWI DESA WONOTULUS PURWOREJO JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B TK TULUS SIWI DESA WONOTULUS PURWOREJO JAWA TENGAH)
19104030011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B TK TULUS SIWI DESA WONOTULUS PURWOREJO JAWA TENGAH)
19104030011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dua dari duabelas peserta didik kelompok B TK Tulus Siwi yang belum berkembang kreativitasnya, yang dipengaruhi oleh lingkungan di sekitar lembaga pendidikan yang kurang mendukung kegiatan-kegiatan yang mengasah kreativitas. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat memengaruhi perkembangan kreativitas peserta didik contohnya anak menjadi kurang percaya diri, kurangnya inisiatif dan imajinatif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengembangan kreativitas anak kelompok B TK Tulus Siwi dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan pengembangan kreativitas. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kreativitas pada kelompok B TK Tulus Siwi yang dilakukan oleh guru, diawal 10 peserta didik sudah berkembang dua peserta didik masih kurang berkembang, kemudian dilakukan kegiatan pengembangan dengan mengembangkan strategi pengembangan yaitu kerajinan tangan, imajinasi, eksplorasi, eksperimen, proyek, musik, dan bahasa. Peran guru yang memotivasi, membersamai, memfasilitasi, dan memantik menunjukkan hasil akhir bahwa 12 anak sudah berkembang sesuai dengan usianya. Faktor pendukung pengembangan kreativitas yaitu peran guru yang kreatif menciptakan media pembelajaran dan kerja sama orangtua dengan pendidik. Faktor penghambat pengembangan kretaivitas yaitu media pembelajaran yang kurang lengkap dan faktor internal dari anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Hibana, S.Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Pengembangan Kreativitas
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 07 Nov 2024 14:02
Last Modified: 07 Nov 2024 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68461

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum