Ma’isyatul Muthoharoh, NIM.: 19104040036 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN KONTEKS POTENSI PESISIR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK ALJABAR SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN KONTEKS POTENSI PESISIR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK ALJABAR SMP)
19104040036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN KONTEKS POTENSI PESISIR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK ALJABAR SMP)
19104040036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk beupa lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan konteks potensi pesisir untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi bentuk aljabar SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subek uji coba LKPD untuk penilaian LKPD terdiri dari tiga ahli, sedangkan subjek implementasi dalam pembelajaran adalah peserta didik kelas VIIG SMP Negeri 2 Sanden tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian LKPD, angket respon peserta didik, dan lembar soal post-test. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid didasarkan pada rata-rata hasil penilaian LKPD oleh para ahli. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria “valid“ dengan persentase keidealan sebesar 80,67% dari ahli materi dan persentase sebesar 87,67% dari ahli media. Praktis didasarkan pada hasil angket respon peserta didik terhadap LKPD. Hasil dari angket respon peserta didik menunjukkan kriteria “valid“, dengan rata-rata 58,16 dari skor maksimal 80 dan persentase keidealan sebesar 72,7%. Efektif ditentukan berdasarkan hasil post test kemampuan pemecahan masalah. Jumlah peserta didik yang mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada materi bentuk aljabar yaitu sebanyak 24 peserta didik dengan persentase ketuntasan sebesar 92,3% dengan kriteria “sangat valid“. Dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas VII SMP/Sederajat pada materi bentuk aljabar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Potensi Pesisir, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 14:53 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 14:53 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68468 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |