Mila Rahayu, NIM.: 22204085015 (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOGNITIF BERBASIS APLIKASI PROLITLEVELUP UNTUK MENDIAGNOSA KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK MI/SD. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOGNITIF BERBASIS APLIKASI PROLITLEVELUP UNTUK MENDIAGNOSA KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK MI/SD)
22204085015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOGNITIF BERBASIS APLIKASI PROLITLEVELUP UNTUK MENDIAGNOSA KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK MI/SD)
22204085015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui instrumen asesmen adalah strategi yang tepat dalam mengukur dan memahami pencapaian peserta didik, sehingga kelemahan-kelemahan dapat diidentifikasi dengan tindak lanjut berupa program-program perbaikan. Untuk mengetahui adanya peningkatan mutu pendidikan dan hasil belajar peserta didik, maka diperlukan serangkaian pengukuran dengan menggunakan alat evaluasi yang baik dan memenuhi syarat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen asesmen kognitif berbasis aplikasi prolitlevelup guna mendiagnosa kemampuan literasi membaca peserta didik; (2) mendeskripsikan kelayakan instrumen asesmen kognitif berbasis aplikasi prolitlevelup guna mendiagnosa kemampuan literasi membaca peserta didik; (3) serta menguji keefektifan instrumen asesmen kognitif berbasis aplikasi prolitlevelup untuk mendiagnosa kemampuan literasi membaca peserta didik MI/SD. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 langkah yaitu define, design, develop, dan disseminate. Produk diuji kelayakannya oleh ahli instrumen dan ahli aplikasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 5 MI Al Muhajirin Kota Depok, Jawa Barat. Pengumpulan data menggunakan angket berupa angket wawancara guru, kepraktisan guru, keterbacaan peserta didik, dan tes berupa instrumen asesemen kognitif bermuatan literasi membaca. Teknik analisis data yang dilakukan adalah validitas menggunakan validitas isi, uji validitas menggunakan IBM SPSS 26 dan realibiltas menggunakan Cronbach-Alpha, dan uji kualitas butir soal berupa tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Produk instrumen asesmen kognitif berbasis aplikasi prolitlevelup berhasil di kembangkan; (2) Uji kelayakan berdasarkan validasi ahli instrumen menunjukkan kategori sangat layak dengan skor persentase 91,66% dan berdasarkan validasi ahli aplikasi menunjukkan kategori sangat layak dengan skor persentase 95,71%. Kemudian kepraktisan guru menunjukan kategori sangat baik dengan skor 95,33% dan keterbacaan peserta didik menunjukkan kategori sangat baik dengan skor persentase kelayakan 90,7% untuk aspek kognitif dan 82,5% untuk aspek afektif; (3) Instrumen asesmen dinyatakan efektif dalam mendiagnosa kemampuan literasi membaca peserta didik karena ma
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Shaleh, S. Ag., M. Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Instrumen, Asesmen Kognitif, Prolitlevelup, Literasi Membaca. |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) |
| Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
| Date Deposited: | 08 Nov 2024 08:43 |
| Last Modified: | 08 Nov 2024 08:43 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68474 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
