Miladina Silvia, NIM.: 22204011034 (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF PERSPEKTIF ISLAM DI PONDOK PESANTREN TUNARUNGU DARUL ASHOM SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF PERSPEKTIF ISLAM DI PONDOK PESANTREN TUNARUNGU DARUL ASHOM SLEMAN YOGYAKARTA)
22204011034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF PERSPEKTIF ISLAM DI PONDOK PESANTREN TUNARUNGU DARUL ASHOM SLEMAN YOGYAKARTA)
22204011034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memahami bagaimana implementasi pendidikan inklusif perspektif islam. Hal yang menarik bagi penulis adalah bagaimana penulis melihat hak-hak dalam mendapatkan pendidikan seringkali tidak terpenuhi bagi anak-anak disabilitas karena kurangnya akses mereka, maka penulis ingin mengkaji lebih dalam bagaimana pendidikan bagi anak-anak difabel, bagaimana implementasi pendidikannya, nilai-nilai apa yang dihasilkan dari pendidikan dengan konsep inklusifisme serta faktor apa yang mendukung serta menghambat implementasi pendidikan inklusif di Ponpes Darul Ashm. Sehingga penulis mencari tau dari berbagai sumber dimana pondok pesantren yang mempunyai konsep pendidikan inklusif bagi santri difabel. Dan ditemukanlah Pondok Pesantren Tunarungu Darul Ashom Yogyakarta sebagai pondok pesantren yang pertama khusus santri tunarungu untuk mengkaji Al-Qur’an dan belajar agama Islam dengan bahasa isyarat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selama pengumpulan data penulis melakukan uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Selanjutnya, analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data (display data), penarikan kesimpulan, dan klarifikasi. Hasil penelitian menunjukan pertama Implementasi Pendidikan Inklusif Perspektif Islam di Pondok Pesantren Tunarungu Darul Ashom ini berjalan dengan sangat baik dengan adanya kegiatan-kegiatan yang bisa menunjang konsep inklusifme pada santri ketika mempelajari agama islam. Bentuk impmentasi diwujudkan dengan kegiatan yang meliputi, sholat jama’ah dan sunnah berjamaah, menghafalkan Al-Qur’an dan belajar materi Diniyah. Visi Misi pondok pesantren juga sejalan dengan tujuan dari implementasi pendidikan inklusif perspektif islam. Kedua, dengan tercapainya tujuan implementasi pendidikan inklusif perspektif islam ini banyak nilai karakter yang dihasilkan pada diri siswa seperti, nilai religius, nilai kemandirian, dan nilai percaya diri. Tetapi, dalam implementasinya tentu ada beberapa hal yang masih menjadi kendala salah satunya adalah kurangnya tenaga pengajar selama proses pembelajaran di Pondok Pesantren. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan bisa membuka pandangan orang tentang bagaimana kewajiban bagi setiap muslim untuk mempelajari agama yang dianutnya, diluar dari keistimewaan yang dimilikinya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pendidikan Inklusif, Kegiatan Keagamaan, Nilai-nilai Karakter. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Inklusif |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 09:18 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 09:18 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68477 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |