EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MANBA’UL ULUM, GEBOG, KUDUS TAHUN 2023/2024

Mohammad Aizzatu Zakarya, NIM.: 20104010019 (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MANBA’UL ULUM, GEBOG, KUDUS TAHUN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MANBA’UL ULUM, GEBOG, KUDUS TAHUN 2023/2024)
20104010019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MANBA’UL ULUM, GEBOG, KUDUS TAHUN 2023/2024)
20104010019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat peserta didik dalam pembelajaran Fikih yang disebabkan model pembelajaranm yang masih berpusat pada guru sehingga menyebabkan hasil belajar yang diperoleh rendah. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang seberapa besar keefektifan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dalam hasil belajar Fikih. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan jenis desain penelitian quasi eksperimental nonequivalent control group. Subjek penelitian yang digunakan ialah peserta didik kelas VIII yang terdiri dari 30 orang VIII A, dan 22 orang VIII B. Adapun pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan pretest-posttest. Teknik Analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji statistik inferensial non-parametrik, dan uji N-Gain untuk menghitung besar efektivitas. Adapun instrumen soal diuji dengan uji validitas menggunakan uji korelasi poin biserial dan uji reliabilitas menggunakan uji Cronbach Alpha. Hasil penelitian ini menunjukan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray efektif terhadap hasil belajar Fikih peserta didik kelas VIII MTs Manba’ul Ulum. Hasil uji Wilcoxon yang digunakan menunjukkan Asymp. Sig. pada kelas eksperimen 0.000. Sedangkan pada kelas kontrol 0.68 (Asymp. Sig. (2-tailed) < 0.05). Adapun terkait besar keefektifanya dihitung dengan uji N-Gain mendapatkan hasil 0.5939 yang berdasarkan tabel termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis pada penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag. M.Si.
Uncontrolled Keywords: efektivitas, hasil belajar, kooperatif, Two Stay Two Stray.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 08 Nov 2024 09:28
Last Modified: 08 Nov 2024 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68479

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum