PENGEMBANGAN PERMAINAN DAKON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Muhammad Hafidh Al Rofif, NIM.: 20104080040 (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN DAKON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PERMAINAN DAKON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR)
20104080040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PERMAINAN DAKON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR)
20104080040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pembelajaran matematika bagi peserta didik tidak hanya tentang angka dan berhitung, melainkan juga mengajak untuk terlibat aktif pada aktivitas mental dan fisik agar mendapatkan pengalaman langsung yang bermakna. Salah satu materi matematika yaitu mengenai perkalian, pada topik tersebut memuat cakupan yang banyak dan bersifat abstrak, sehingga apabila hanya mengacu pada pemaparan guru atau membaca dinilai kurang efektiv dalam proses belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran. Sedangkan fakta dilapangan belum terdapat media pembelajaran yang sesuai dengan materi perkalian, mereka hanya menggunakan buku siswa sehingga mengakibatkan siswa merasa kesulitan dan kurang semangat untuk mengikuti pembelajaran. Permasalahan-permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan media permainan dakon, karena dengan permainan dakon membuat siswa lebih aktif dan bersemangat mengikuti pembelajaran matematika khususnya materi perkalian. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model 4-D sesuai yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang meliputi proses define, design, develop, disseminate. Pada proses define dilakukan analisis untuk menetapkan arah dasar yang diperlukan pada proses pengembangan permainan dakon. Pada proses design peneliti menentukan desain pengembangan media dan penyusunan instrumen. Pada proses disseminate dilakukan penyebaran produk secara terbatas pada 20 siswa kelas II di MI Al Huda Karangnongko. Data yang dihasilkan yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari hasil validasi para ahli, penilaian praktisi, uji respon peserta didik; dan data kualitatif yang diperoleh dari saran dan masukan selama proses validasi kepada ahli. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara dengan guru matematika kelas II di MI Al Huda, dokumentasi kegiatan pada saat melakukan uji respon peserta didik, dan angket untuk penilaian validator, praktisi serta uji respon peserta didik. Hasil penelitian yaitu berupa pengembangan permainan dakon perkalian matematika (dapeta) mendapatkan validasi dari ahli materi dengan jumlah skor 28 , ahli media diperoleh jumlah skor 35. Dari kedua validator ahli menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan peneliti layak untuk digunakan. Kemudian hasil uji respon siswa kelas II MI Al Huda Karangnongko dengan jumlah siswa 20 anak, diperoleh hasil 158 yang menjawab “Ya” dengan presentase 98,8%. Hal tersebut menunjukkan bahwa peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap produk permainan dakon perkalian matematika (dapeta).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. H. Sedya Santosa, S.S., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Permainan Dakon Perkalian, Matematika, Madrasah Ibtidaiyah,
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 08 Nov 2024 15:06
Last Modified: 08 Nov 2024 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68487

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum