Muhammad Thoriq Akbar Firmansyah, NIM:. 19104010088 (2024) PERSEPSI SISWA KELAS VII TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PERSEPSI SISWA KELAS VII TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2023/2024)
19104010088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PERSEPSI SISWA KELAS VII TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2023/2024)
19104010088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Peranan pendidikan sebagai social agent of change (agen perubahan sosial). Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk meneliti tema pendidikan yang akan berfokus pada kurikulum. Perubahan kurikulum dalam setiap periodesasinya membuat penulis tertarik mengkajinya lebih komprehensif dalam hal ini adalah kurikulum merdeka. Karena kurikulum merdeka ini lahir pasca pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, dimana memaksanya untuk merubah sistem dan instrumen kurikulum yang sudah ada. Penelitian mengenai kurikulum merdeka ini dilakukan di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Alasan mengapa melakukan penelitian di sekolah tersebut adalah sekolah tersebut merupakan boarding school yang berada di lingkungan pondok pesantren. Nantinya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa kelas VII dan manfaat mengenai implementasi kurikulum merdeka yang sudah berjalan di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Konstruktivisme karya Lev Vygotsky. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, Wakil Kepala Sekolah dalam Bidang Kurikulum, dan guru di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan sumber data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian : 1) Persepsi siswa kelas VII terhadap pengimplementasian kurikulum merdeka di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta sudah membawa perubahan dan dampak positif dalam pengalaman belajar siswa. Meskipun demikian, penyesuaian lebih lanjut dalam metode pengajaran dan dukungan yang berkelanjutan terhadap guru-guru diharapkan dapat meningkatkan kinerja di kurikulum ini dalam jangka panjang nantinya. Implementasi kurikulum merdeka memberikan berbagai manfaat bagi siswa dan guru. 2) Manfaat implementasi kurikulum merdeka bagi sisiwa kelas VII di SMP Ali Maksum krapyak Yogyakarta memberikan berbagai manfaat bagi siswa. Kegiatan P5 menjadi salah satu instrumen utama dalam mengembangkan kreativitas siswa, meningkatkan kamampuan belajar mandiri, serta memperkuat karakter dan nilai-nilai pancasila. Meskipun demikian tentunya terdapat tantangan dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan akses teknologi di lingkungan pondok pesantren, perlunya kolaborasi antara guru dan siswa mampu menciptakan lingkungan belajar yang inovatif, kreatif dan berdaya saing.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. H. Rofik, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Kurikulum Merdeka, SMP Ali Maksum |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 16:06 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 16:06 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68493 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |