ANALISIS HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS BELAJAR TERHADAP KARAKTER SISWA di MA UNGGULAN AL-IMDAD, PAJANGAN, BANTUL

Nur Aisyah Jamil, NIM.: 17104090067 (2024) ANALISIS HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS BELAJAR TERHADAP KARAKTER SISWA di MA UNGGULAN AL-IMDAD, PAJANGAN, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS BELAJAR TERHADAP KARAKTER SISWA di MA UNGGULAN AL-IMDAD, PAJANGAN, BANTUL)
17104090067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (923kB) | Preview
[img] Text (ANALISIS HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS BELAJAR TERHADAP KARAKTER SISWA di MA UNGGULAN AL-IMDAD, PAJANGAN, BANTUL)
17104090067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy

Abstract

Objek penelitian ini ialah MA Unggulan Al-Imdad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan atau manajemen kelas yang berlangsung di skolah tersbut. Selain itu penelitian ini bertujuan mencari tahu apakah terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas dengan penanaman nilai-nilai karakter terhadap siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi data, kemudian keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan metode manajemen atau pengelolaan kelas, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan. Dalam proses pengelolaan kelas guru memiliki peran penting, ini karena guru berperan sebagai kapten bagi kelas yang menentukan arah berkembangnya siswa dalam suatu kelas. Dapat dilihat dari bagaimana metode guru mengatur kelas dan juga bagaimana metode penyampaian materi yang digunakan, secara tidak langsung hal ini berperan menjadi penunjuk arah bagi guru selama proses mencapai target pendidikan. Target Pendidikan tidak hanya berupa hasil akademik, pembentukan karakter juga merupakan target pendidikan seperti yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, maka guru dengan caranya sendiri menerapkan nilai-nilai karakter selama kegiatan pembelajaran yang secara alami membentuk karekter siswa melalui pengelolaan kelas tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Muhamad Iskhak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Kelas Belajar, Karakter
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 11 Nov 2024 13:56
Last Modified: 11 Nov 2024 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68506

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum