Raden Eka Hafizhaenusa Rachmat, NIM.: 17106000038 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN SISWA)
17106000038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN SISWA)
17106000038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurangan bahan ajar yang digunakan untuk belajar dan kemampuan penalaran siswa yang masih rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi eksponen dan logaritma untuk memfasilitasi kemampuan penalaran dan kemandirian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengikuti langkah-langkah Richey dan Klein yang terdiri dari Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar penilaian produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi eksponen dan logaritma dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator ahli materi dan media nilai rata-rata skor aktual yaitu 64 dan 47 dengan kategori “sangat valid”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi eksponen dan logaritma untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis dan kemandirian siswa layak diuji cobakan kepada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Nurul Arfinanti, S. Pd. Si., M. Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL), Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar, Eksponen dan Logaritma |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 15:45 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 15:45 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68513 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |