DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK KKLKMD AMONG PUTRO BANTUL YOGYAKARTA

Roro Dwi Haryati, NIM.: 19104030025 (2024) DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK KKLKMD AMONG PUTRO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK KKLKMD AMONG PUTRO BANTUL YOGYAKARTA)
19104030025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TK KKLKMD AMONG PUTRO BANTUL YOGYAKARTA)
19104030025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketegantungan anak terhadap gawai ditandai dengan penggunaan gawai yang dijadikan syarat belajar agar anak mau belajar. yang tentunya bisa menimbulkan dampak buruk bagi perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif dan negatif penggunaan gawai terhadap perkembangan sosial dan emosional pada TK KKLKMD Among Putro Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di TK KKLKMD Among Putro Bantul selama bulan november hingga desember 2023. Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gawai di TK KKLKMD Among Putro Bantul Yogyakarta memiliki berbagai implikasi yang signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Dampak positif meliputi kemudahan komunikasi dan penyampaian informasi melalui dokumentasi kegiatan, peningkatan imajinasi dan rasa keingintahuan anak, serta pemanfaatan gawai sebagai sarana belajar yang menarik dan interaktif. Dampak negatifnya mencakup kemalasan belajar, ketidakpekaan terhadap lingkungan sekitar, gangguan kesehatan seperti mata perih dan merah, masalah emosional seperti tantrum jika waktu bermain gawai habis, dan ketergantungan terhadap gawai sebagai prasyarat untuk belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Dampak Positif dan Negatif, Penggunaan gawai, Perkembangan Sosial dan Emosional Anak.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 12 Nov 2024 08:55
Last Modified: 12 Nov 2024 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68516

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum