PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ILMU FIKIH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Safina Putri Diana, NIM.: 20104040022 (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ILMU FIKIH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ILMU FIKIH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK)
20104040022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ILMU FIKIH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK)
20104040022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning dengan menggunakan integrasi ilmu fikih yang memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap-tahap pengembangan pada penelitian ini meliputi tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap implementasi (implement) dan tahap evaluasi (evaluate). Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian LKPD, lembar angket respon peserta didik, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar post-test kemampuan koneksi matematis, lembar skala kemandirian belajar peserta didik. Subjek uji coba produk untuk penilaian LKPD ini terdiri dari tiga ahli dan subjek implimentasi dalam pembelajaran adalah peserta didik dan pendidik kelas VIII B dan VIII C di MTs Aswaja dukun tahun ajaran 2023/2024. LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata 79 dengan persentase 89,9% dan memperoleh kriteria sangat baik. Respon peserta didik terhadap LKPD yang digunakan pada saat pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 38,97 dengan persentase keidealan sebesar 81% dan memperoleh kriteria sangat baik sehingga dinyatakan praktis. Berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKPD, diperoleh kategori keterlaksanaan yang sangat baik dengan persentase keidealannya atau rata-rata sebesar 94,16% dan aktivitas peserta didik dengan persentase keidealannya sebesar 92,5%. Hasil uji statistik dengan independent sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata nilai post-test kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana rata-rata nilai post-test kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen adalah 70,10 sedangkan rata-rata kelas kontrol yang sebesar 43,12 sehingga dinyatakan efektif. Rata-rata nilai kemandirian belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 49,20 sedangkan rata-rata nilai kemandirian belajar peserta didik kelas kelas kontrol yang nilainya sebesar 43,73 sehingga dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Mulin Nu’man, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning, Ilmu Fikih, Kemampuan Koneksi Matematis. Kemandirian Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 12 Nov 2024 09:16
Last Modified: 12 Nov 2024 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68518

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum