Tisna Pangestu, NIM.: 21205021005 (2024) JILBAB : TEKNOLOGI KEATRAKTIVAN DALAM EROTIC CAPITALISM (STUDI PRESENTASI JILBAB PADA APLIKASI LAYANAN OPEN BO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (JILBAB : TEKNOLOGI KEATRAKTIVAN DALAM EROTIC CAPITALISM (STUDI PRESENTASI JILBAB PADA APLIKASI LAYANAN OPEN BO))
21205021005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (JILBAB : TEKNOLOGI KEATRAKTIVAN DALAM EROTIC CAPITALISM (STUDI PRESENTASI JILBAB PADA APLIKASI LAYANAN OPEN BO))
21205021005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan fenomena penggunaan atribut jilbab dalam bisnis layanan Open BO. Secara umum ingin menganalisis modal agama mahasiswi Open BO dan user dalam mengonstruksi nilai-nilai agama. Sedangkan secara khusus bertujuan untuk menganalisis presentasi simbol jilbab dalam bisnis layanan Open BO, dan sekaligus ingin mengetahui konstruksi dari konsep beauty+religi mahasiswi dan user sehingga melahirkan sebuah tindakan untuk terjun dalam pasar bisnis Open BO. Pemikiran Catherine Hakim dalam Erotic Capitalism dan juga pemikiran Bronislaw Malinowski dalam Fungsionalisme Agama, digunakan peneliti sebagai pisau analisis dalam kajian tesis ini Metode penelitian ini adalah field Research atau penelitian lapangan, yakni penelitian kualitatif dengan memahami beberapa aplikasi yang sering digunakan dalam bisnis Open BO serta mempraktikkan tentang mekanisme pemesanannya. Kemudian dalam konteks penelitian ini penulis juga menggunakan metode etnografi virtual. Adapun proses pengumpulan data menggunakan observasi virtual, dan wawancara secara mendalam kepada setiap informan, serta melakukan analisis foto, audio, dan gambar. Setelah itu analisis data yang digunakan, meliputi (reduksi display data dan verifikasi data). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswi Open BO lebih memilih jalan pintas yang pragmatis agar terlepas dari keadaan krisisnya, dan jalan pintas yang ditempuh adalah dengan terjun dalam dunia bisnis Open BO. Mereka tergoda dengan besarnya nominal uang yang bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. Jilbab dapat dimaknai menjadi dua sudut pandang. (pertama), pelanggan menganggap bahwa jilbab adalah simbol yang menyimpan nilai-nilai agama religi (Sholehah). Namun disisi lain, sudut pandang (kedua), jilbab yang bersifat tertutup justru menyimpan daya tarik seksual yang menarik dan berkesan (Hot) bagi sebagian pelanggan. Atau dengan kata lain konsep Beauty+Religi yang terjadi dalam layanan bisnis Open BO sensasi jilbab, memang terbentuk melalu sensasi baru yaitu (Sholehot). Pelanggan dan mahasiswi Open BO mempraktikkan konsep Beauty+Religi, dibuktikan ketika mereka bertransaksi dan melakukan hubungan seksual dengan menjadikan jilbab sebagai pertukaran sensasi yang menggairahkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Munawwar Ahamad, S.S M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Presentasi, Jilbab, Beauty+Religi, Open BO, Sholehot |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 306.6 Sosiologi - Agama |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S2) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 10:45 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 10:45 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68528 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |