PENGEMBANGAN MEDIA SCIENCE DIGITAL STORYTELLING MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA MA/SMA KELAS X

Siti Fatimah, NIM.: 20104070009 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SCIENCE DIGITAL STORYTELLING MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA MA/SMA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA SCIENCE DIGITAL STORYTELLING MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA MA/SMA KELAS X)
20104070009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA SCIENCE DIGITAL STORYTELLING MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA MA/SMA KELAS X)
20104070009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan media pembelajaran Science Digital Storytelling melalui video pembelajaran biologi dengan pendekatan CTL pada Sub Materi Bioteknologi, 2) mengetahui kualitas media Science Digital Storytelling dengan pendekatan CTL, 3) mengetahui respon siswa siswa kelas X MAN 1 Sleman terhadap produk Science Digital Storytelling dengan pendekatan CTL. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) serta menerapkan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap penerapan (Implementation) yang dilakukan secara terbatas, serta tahap evaluasi (Evaluation). Kualitas produk akan dinilai menggunakan instrumen penilaian berdasarkan skala Likert untuk reviewer (1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 5 orang peer reviewer, dan 1 orang guru biologi) dan skala Guttman untuk 15 siswa kelas X MAN 1 Sleman. Hasil dari pengambilan data yang telah dilakukan yaitu penilaian ahli materi sebesar 91.43%, penilaian ahli media sebesar 95%, penilaian peer reviewer sebesar 96%, penilaian guru biologi sebesar 99.13%, dan respon siswa sebesar 96.11%. Dengan demikian kualitas produk media pembelajaran yang sedang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Science Digital Storytelling, CTL, Bioteknologi, Media Pembelajaran.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 12 Nov 2024 10:54
Last Modified: 19 Nov 2024 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68535

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum