IMPLEMENTASI INTEGRASI MANAJEMEN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN AQOBAH INTERNATIONAL SCHOOL JOMBANG

Thoriq Almunawir Taufik, NIM.: 20204092011 (2024) IMPLEMENTASI INTEGRASI MANAJEMEN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN AQOBAH INTERNATIONAL SCHOOL JOMBANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI INTEGRASI MANAJEMEN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN AQOBAH INTERNATIONAL SCHOOL JOMBANG)
20204092011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI INTEGRASI MANAJEMEN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN AQOBAH INTERNATIONAL SCHOOL JOMBANG)
20204092011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Setiap lembaga memiliki inovasi tersendiri dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia siswa atau santri di lembaga mereka masingmasing, begitu juga yang terjadi di pondok pesantren Aqobah International School Jombang. Lembaga pesantren tersebut berada dibawah naungan Yayasan Al-Aqobah jombang, salah satu ikhtiar dalam meningkatkan kualitas pendidikan mereka telah menerapkan kurikulum adaptif sejak berdirinya dengan cara mengintegrasikan empat kurikulum yang berbeda, yakni kurikulum pondok pesantren dengan tujuan untuk mencetak para santri atau siswa yang tidak hanya unggul dalam pembelajaran keilmuan umum dan teknologi saja namun juga keilmuan agama dan tetap berpegang pada prinsip-prinsip agama terkhusus memiliki akhlakul karimah yang baik yang diajarkan di dalam lembaga pondok pesantren dengan tujuan untuk pegangan prinsip dalam menjalani kehidupan kedepan, kurikulum nasional sebagai bagian dari penerapan kurikulum dari negara untuk terus menjaga dan menumbuhkan rasa nasionalisme, dan kurikulum cambridge yang pada sasarannya adalah mencetak generasi baru yang unggul, kompetitif dalam skala nasional maupun internasional, selain itu pondok pesantren Aqobah International School ingin agar para santri atau siswa tidak hanya mahir dan menguasai ilmu agama Islam saja atau keilmuan agama namun juga memiliki keunggulan dalam keilmuan umum agar memiliki keseimbangan keilmuan yang kuat dan mampu bersaing dalam tantangan era modern dan globalisasi saat ini dan kedepan. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengamati perilaku. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yang dilakukan melalui proses observasi dan wawancara kepada key informant secara in depth interview. Sumber data sekunder berupa dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu berupa reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi dari kurikulum yang ada di Aqobah International School berjalan sesuai dengan rancangan kurikulum di awal untuk mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan perencanaan, Kedua, Lahirnya integrasi empat kurikulum di Aqobah International School (AIS) dilandasi oleh visi misi lembaga, cita-cita pengasuh, kebutuhan anak (aspek kognitif, karakter, interaksi, emosional) dan kebutuhan zaman. Temuan dalam penelitian ini yaitu Sistem integrasi manajemen kurikulum pondok pesantren Aqobah International School Jombang Jawa Timur, dilaksanakan dengan cara mengintegrasikan kurikulum, integrasi kurikulum ini berlangsung dengan cara menggabungkan kurikulum nasional yaitu kurikulum merdeka belajar, kurikulum Cambridge untuk pelajaran SMP full dan SMA hanya jurusan IPA yang diberlakukan, kurikulum AIS antara lain Math Drilling, Reading Time (Bahasa dan English), English Speaking dan Listening, dan Specialization, dan untuk kurikulum pesantren yaitu kitab kuning dan tahfidz. Modifikasi kurikulum penting dilaksanakan guna mendukung tujuan dan visi misi pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. H. Sedya Santosa, SS, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi Integrasi, Manajemen Kurikulum, Pondok Pesantren.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 13 Nov 2024 10:09
Last Modified: 13 Nov 2024 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68554

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum