PENDIDIKAN LIFE SKILLS DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SMPIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA

Winda Sulistyarini, NIM.: 20204012005 (2024) PENDIDIKAN LIFE SKILLS DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SMPIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN LIFE SKILLS DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SMPIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA)
20204012005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN LIFE SKILLS DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SMPIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA)
20204012005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan psikososial pada remaja dan mutu pendidikan di Indonesia yang belum maksimal, sehingga pendidikan life skills berkontribusi menjawab tantangan tersebut. Pendidikan life skills diyakini dapat membangun karakter bangsa dan mencetak sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dan keterampilan yang dibutuhkan individu sebagai bekal agar mampu mengatasi masalah dan disiplin mereka di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan pendidikan life skills dalam menanamkan karakter religius dan keterampilan sosial siswa di SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan model interaktif oleh Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verfikasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikan life skills di SMPIT Alam Nurul Islam terinternalisasi secara sistematis ke dalam tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan atau pembiasaan, serta evaluasi. Ketiga tahapan tersebut terintegrasi diimplementasikan melalui program SALLS, dan kegiatan pengembangan diri di luar program Salls. Secara menyeluruh, pendidikan life skills di SMPIT Alam Nurul Islam memuat generic life skills pada dua aspek utama yaitu personal skills (self awareness, thinking skills) dan social skills (collaboration dan communication skills). (2) Penanaman karakter religius siswa diimplementasikan melalui proses pembiasaan, seperti Salls, yang terdiri dari program BPI, pemaknaan, dan Salls action manasik haji, serta kegiatan pengembangan diri di luar Salls seperti mabit, mentadaburi alam, mengunjungi masjid, shalat berjamaah, membiasakan dzikir al-ma’tsurat, literasi Al-Qur’an, kultum, program keputrian, kegiatan ramadhan, dan budaya 5S dengan bersalaman. (3) Penanaman keterampilan sosial siswa diimplementasikan melalui pembiasaan, seperti program Salls dalam mini outbond, dan kegiatan pengembangan diri di luar Salls, seperti project based learning, live in, outing class, family camp, urban tracking, market day, harvest day, ekspedisi, fun games, bakti sosial, City Adventure, serta kegiatan pameran siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Prof. Dr. H. Tasman Hamami, M. A,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Life Skills, Karakter Religius, Keterampilan Sosial
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 13 Nov 2024 10:48
Last Modified: 13 Nov 2024 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68556

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum