STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LEMBAGA SERTA MINAT MAHASISWA BARU (STUDI KASUS PRODI MPI UIN SUNAN KALIJAGA)

Rika Rohmawati, NIM.: 17104090069 (2024) STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LEMBAGA SERTA MINAT MAHASISWA BARU (STUDI KASUS PRODI MPI UIN SUNAN KALIJAGA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LEMBAGA SERTA MINAT MAHASISWA BARU (STUDI KASUS PRODI MPI UIN SUNAN KALIJAGA))
17104090069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS LEMBAGA SERTA MINAT MAHASISWA BARU (STUDI KASUS PRODI MPI UIN SUNAN KALIJAGA))
17104090069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan ketertarikan peneliti terhadap pemasaran lembaga pendidikan program studi dalam meningkatkan kualitas lembaga serta kemampuannya menarik minat mahasiswa baru. Pemasaran serta peningkatan serta peningkatan kualitas lembaga pendidikan merupakan salah satu aktifitas yang harus dilakukan untuk membuat rasa ketertarikan kepada calon mahasiswa baru. Lembaga pendidikan dalam memasarkan produknya tentu perlu memerhatikan eksistensi dan menjaga kualitas mutunya. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan mengenai strategi pemasaran dan implementasi bauran pemasaran lembaga pendidikan, bentuk peningkatan kualitas lembaga serta faktor yang memengaruhi minat. Prodi MPI merupakan salah satu program studi yang dalam pemasaran dan peningkatan kualitasnya sudah memiliki program internasional. Terbukti dengan adanya program kolaborasi riset internasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Milles Dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, data penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.) Prodi MPI dalam pemasarannya menerapkan bauran pemasaran (marketing mix). 2.) Pada upaya peningkatan kualitas terbukti dengan a.) legalitas akreditasinya sudah akreditasi unggul. b.) SDM yang sudah terkualifikasi dibuktikan dengan banyaknya dosen dengan latar belakang pendidikan linear. c.) adanya pelatihan guna meningkatkan kemampuan kepenulisan ilmiah. d.) menjadi rintisan kelas internasional serta kolabrasi internasional. f.) adanya dukungan serta pemberian reward kepada tenaga pendidik dan mahasiswanya yang berprestasi. 3.) Pada evaluasi pemasaran dalam peningkatan kualitas melakukan evaluasi setiap akhir semester (evaluasi akademik, evaluasi kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, evaluasi sarana dan prasarana) 4.) Faktor yang mendukung peningkatan kualitas untuk menarik minat calon mahasiswa baru yaitu dukungan prodi MPI sebagai lembaga negeri, menjadi satu-satunya prodi dengan akreditasi unggul internasional, prodi dengan sebutan driver management yaitu keaktifan dosen dan mahasiswanya pada asosiasi-asosiasi dan organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Drs. Subiyantoro,
Uncontrolled Keywords: Kualitas Lembaga, Minat , Strategi Pemasaran.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 13 Nov 2024 13:20
Last Modified: 13 Nov 2024 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68575

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum