ANALISIS MATERI SAINS ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI RIKO THE SERIES (Pendekatan Integrasi Ilmu)

Elma Sepgi Sahartiana, NIM.: 17104030015 (2024) ANALISIS MATERI SAINS ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI RIKO THE SERIES (Pendekatan Integrasi Ilmu). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MATERI SAINS ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI RIKO THE SERIES (Pendekatan Integrasi Ilmu))
17104030015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MATERI SAINS ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI RIKO THE SERIES (Pendekatan Integrasi Ilmu))
17104030015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah usaha mengenalkan konsep integrasi sains dan agama pada anak sedak dini. Ilmu sains merupakan bidang ilmu yang memberikan banyak pengaruh dalam kehidupan. Perkembangan teknologi yang pesat pada abad ini tidak lepas karena peran ilmu sains. Sehingga perlu adanya pembelajaran saian untuk anak mengingat sains ilmu yang banyak digunakan dalam segala bidang. Namun dalam mempelajari sains untuk anak tentunya dengan kegiatan yang sesuai tahap perkembanganya yaitu dengan kegiatan yang mengasikan seperti eksperimen sederhana danm menonton tayangan animasi yang menguat konsep sains. Tetapi ketika hanya ilmu sains yang diajarkan maka kedepannya anak akan cenderung menerima hal-hal yang bersifat empiris. Padahal itu bisa berdampak pada keyakinan anak bahwa semua yang ada itu karena adanya hukum alam bukan karena kuasa Tuhan. Ketika pemahaman ini terus-menerus akan menjadikan orang tidak ada namanya keimanan. Mengingat masyarakat Indonesia sendiri merupakan masyarakat yang beragama mempercayai Tuhan. Sehingga akan lebih baik pembelajaran sains untuk anak juga dibarengi dengan pembelajaran agama yaitu dengan pendekatan integrasi. Pengenalan konsep integrasi sains dan agama untuk anak salah satunya bisa dengan menyaksikan tayangan vidio animasi yang menari untuk anak, contoh animasi yang memuat konsep integrasi sains dan agama adalah film animasi Riko the Series yang tayang di Youtube. Tujuan penelitian ini mengetahui serta menganalisis pendekatan integrasi sains dan agama pada film animasi Riko the Series serta untuk mengetahui model kajian yang digunakan khususnya pada episode “Main-main Sama Air dan Hujan” Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Film animasi Riko the Series, dan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku, jurnal, skripsi, internet, artikel dan literatur lain yang relevan. Data yamg dikumpulkan melalui metode observasi dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data dengan melakukan mengulang pengamatan, membaca berbagai sumber referensi, mengecek kembali temuan-temuan. Hasil penelitian ini menunjukkan pendekatan integrasi meliputi: menyatukan wahyu Tuhan dan temuan pikiran manusia tanpa mengucilkan salah satunya; menumbuhkan karakter Ulil Albab; dan menelusuri ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan (sains). Dengan model kajian yang digunakan adalah model Verifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Rohinah, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: film animasi; integrasi sains; PAUD
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Nov 2024 14:31
Last Modified: 13 Nov 2024 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68590

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum