Muh mudhofar, NIM.: 17104010134 (2024) IMPLEMENTASI PENDAMPINGAN KEMANDIRIAN SANTRI DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER, TANGGUNG JAWAB, DISIPLIN, KEMANDIRIAN DAN TANTANGANYA USIA 7-12 TAHUN PADA PONDOK PESANTREN PUTRA ANAK YAYASAN AL FATIMIYAH AL MUNAWWIR KRAPYAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI PENDAMPINGAN KEMANDIRIAN SANTRI DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER, TANGGUNG JAWAB, DISIPLIN, KEMANDIRIAN DAN TANTANGANYA USIA 7-12 TAHUN PADA PONDOK PESANTREN PUTRA ANAK YAYASAN AL FATIMIYAH AL MUNAWWIR KRAPYAK)
17104010134_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (IMPLEMENTASI PENDAMPINGAN KEMANDIRIAN SANTRI DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER, TANGGUNG JAWAB, DISIPLIN, KEMANDIRIAN DAN TANTANGANYA USIA 7-12 TAHUN PADA PONDOK PESANTREN PUTRA ANAK YAYASAN AL FATIMIYAH AL MUNAWWIR KRAPYAK)
17104010134_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji implementasi pendampingan kemandirian santri usia 7-12 tahun dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter, tanggung jawab, Disiplin, kemandirian dan tantanganya di Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yayasan Al Fatimiyah. Masalah utama yang dihadapi adalah bagaimana strategi yang diterapkan dalam mendukung kemandirian santri serta hambatan-hambatan yang dihadapi dalam proses ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh pondok pesantren dalam melanjutkan kemandirian santri, mengidentifikasi kendala-kendala yang muncul, serta mengevaluasi sejauh mana keberhasilan kurikulum dan metode yang diterapkan dalam mendukung kemandirian santri di pondok tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan mengklarifikasi fenomena sosial yang berkaitan dengan pendampingan kemandirian santri. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan lurah pondok, ustadz pembimbing, dan para santri, sementara data sekunder dikumpulkan dari dokumen dan arsip yang relevan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan model analisis data dari Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Putra Anak Yayasan Al Fatimiyah Al Munawwir Krapyak berhasil menerapkan strategi pendampingan yang efektif dalam mendukung kemandirian santri. Program-program seperti shalat jamaah, setor hafalan untuk usia 7-12 tahun, memasak, dan belajar mencuci sendiri untuk usia 10-12 tahun terbukti membentuk kemandirian santri dalam aspek keagamaan dan kehidupan sehari-hari. Santri yang telah melalui pembiasaan ini menunjukkan sikap mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab yang tinggi. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya, semangat dan kerjasama antara santri dan pengurus pondok tetap terjaga, sehingga tujuan pendidikan karakter dapat tercapai dengan baik. Pembiasaan yang konsisten dan dukungan dari para pembina menjadi kunci utama dalam keberhasilan program kemandirian santri di pondok pesantren ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter; pondok pesantren; kemandirian santri |
Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 14:37 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 14:37 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68591 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |