Madi Supriyanto, NIM.: 18104010098 (2024) STUDI KOMPARATIF PARADIGMA NILAI KARAKTER PERSPEKTIF AZ-ZARNUJI DAN THOMAS LICKONA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STUDI KOMPARATIF PARADIGMA NILAI KARAKTER PERSPEKTIF AZ-ZARNUJI DAN THOMAS LICKONA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
18104010098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (STUDI KOMPARATIF PARADIGMA NILAI KARAKTER PERSPEKTIF AZ-ZARNUJI DAN THOMAS LICKONA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
18104010098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasari pada maraknya degradasi moral khususnya oleh kalangan remaja, hal ini memicu tidak stabilnya sendi kehidupan dari segala aspek seperti politik, ekonomi, dll. Oleh karena itu, penting kiranya menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada anak untuk melestarikan misi rasulullah yakni menyempurnakan akhlak yang baik. Az-Zarnuji dan Thomas Lickona menawarkan solusi dengan kompleksitas pemikiran terkait peningkatan mutu karakter. Kedua tokoh ini berasal dari latar belakang budaya dan waktu yang berbeda, tetapi memiliki kesamaan dalam tujuan utama yaitu fokus pada pengembangan nilai karakter. Az-Zarnuji mengedepankan nilai-nilai yang bersumber dari tradisi Islam, sementara Thomas Lickona menarik dari nilai-nilai universal yang berlaku dalam konteks pendidikan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter perspektif az-Zarnuji dan Thomas Lickona serta mengkomparasikan kedua pemikiran tokoh tersebut mengenai nilai-nilai karakter untuk mengetahui persamaan dan perbedaannya, kemudian menelaah relevansi antara nilai karakter tersebut dengan Pendidikan Agama Islam. Metodologi penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka (Library Research) yaitu upaya identifikasi secara sistematis dan analisis terhadap dokumen yang memuat informasi berkaitan dengan penelitian. Pendekatan menggunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai-nilai karakter yang ditawarkan oleh az-Zarnuji maupun Thomas Lickona memiliki persamaan seperti jujur, belas kasih, bekerja keras, tanggung jawab, peduli, demokratis, toleransi, dan disiplin. Sedangkan perbedaan nilai karakter diantaranya: Az-Zarnuji mencanangkan nilai cinta ilmu, bersahabat atau komunikatif, tawaduk, cerdas, bersungguh-sungguh, rajin, syukur, zuhud, tawakal, sabar, husnuẓan, wara, religius, mandiri, menghargai prestasi, cinta damai, dan gemar membaca. Thomas Lickona merumuskan nilai keberanian, kontrol diri, kerjasama, rasa hormat, keadilan,belas kasih, cinta, dorongan atau dukungan, integritas, kebaikan, bijaksana, loyalitas, tolong menolong, kasih sayang, dan kewarganegaraan atau cinta tanah air. Nilai-nilai karakter dari kedua tokoh tersebut relevan dengan Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Nilai Karakter, Az-Zarnuji, Thomas Lickona |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 11:16 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 11:16 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68706 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |