Alfiyatun Najah, NIM.: 20104010027 (2024) EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DENGAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) AL-DZIKRO IMOGIRI, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DENGAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) AL-DZIKRO IMOGIRI, BANTUL)
20104010027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DENGAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) AL-DZIKRO IMOGIRI, BANTUL)
20104010027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan keagamaan adalah salah satu program yang dilaksanakan di LKSA Al-Dzikro. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kesadaran anak dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di sana, sehingga perlu dievaluasi guna memperoleh informasi yang tepat dan berguna untuk bahan pertimbangan dan perbaikan terhadap keberlangsungan program ke depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil evaluasi aspek context, input, process, dan product pada pelaksanaan kegiatan keagamaan di LKSA Al-Dzikro. Jenis evaluasi ini adalah evaluasi program, dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) Subjek dalam penelitian ini meliputi ketua pengurus, pengasuh, pengampu, mitra pengurus, dan empat orang anak asuh di LKSA Al-Dzikro. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dilakukan triangulasi untuk menguji keabsahan data. Selanjutnya, untuk analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Evaluasi pelaksanaan kegiatan keagamaan dengan model CIPP menunjukkan hasil sebagai berikut : 1) Pada aspek context dari 6 indikator terdapat 1 indikator yang belum terpenuhi, yaitu kebutuhan anak terhadap materi akidah. 2) Pada aspek input, dari 12 indikator terdapat 3 indikator yang belum terpenuhi yaitu pada komponen anak asuh dan kualitas pengampu, terkait minat dan kedisiplinan anak, serta kemampuan pengampu dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. 3) Pada aspek process, dari 9 indikator terdapat 4 indikator yang belum memenuhi kriteria, yaitu pada komponen metode, materi, dan waktu. 4) Pada aspek product dari 3 indikator yang ditentukan, belum semuanya terpenuhi, sehingga menunjukkan bahwa hasil atau target yang diharapkan belum tercapai. Berdasarkan hasil evaluasi, maka kegiatan keagamaan di LKSA Al-Dzikro dapat dilanjutkan dengan perbaikan. Perlu dilakukan perbaikan terhadap masing-masing komponen yang belum memenuhi kriteria keberhasilan pada kegiatan keagamaan di LKSA Al-Dzikro supaya pelaksanaan kegiatan keagamaan dapat lebih maksimal dan mencapai target yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M. Si |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pembelajaran, Model CIPP, Kegiatan Keagamaan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 13:15 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 13:15 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68714 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |