Alfa Rusyda Husna Fairuza, NIM.: 20104010100 (2024) DAMPAK PEMBIASAAN PROGRAM TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (DAMPAK PEMBIASAAN PROGRAM TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025)
20104010100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (DAMPAK PEMBIASAAN PROGRAM TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025)
20104010100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Seiring berkembangnya zaman saat ini menimbulkan banyaknya permasalahan, tak terkecuali permasalahan terkait pendidikan Al-Qur’an. Disamping itu, berdasarkan hasil observasi banyak generasi muda yang berada di dalam lingkungan pendidikan yang mendukung, tetapi masih terdapat siswa yang menunjukkan sikap malas dalam membaca dan belajar Al-Qur’an. Hal ini yang menjadi alasan SMAN 1 Piyungan Bantul Yogyakarta menerapkan literasi program tadarus Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan program tadarus Al-Qur’an siswa di SMAN 1 Piyungan Bantul tahun ajaran 2024/2025 (2) Untuk menganalisis dampak pembiasaan program tadarus Al-Qur’an terhadap religiusitas siswa di SMAN 1 Piyungan Bantul tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan setting penelitian di SMAN 1 Piyungan Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, 2 guru PAI, dan 10 siswa SMAN 1 Piyungan Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini adalah dampak dari program tadarus Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Teknis analisis data menggunakan teknik Milles and Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan program tadarus Al-Qur’an dilaksanakan di luar jam pembelajaran sebanyak tiga kali dalam seminggu yaitu pada hari selasa, rabu, dan kamis jam 07.00 sampai 07.15. Secara teknis proses pelaksanaan program ini dilakukan secara terpimpin dengan menggunakan sistem sentral. Semua siswa akan mengikuti arahan yang seragam dan terarah dari satu pusat. (2) Pembiasaan program tadarus Al-Qur’an memiliki dampak terhadap religiusitas siswa berdasarkan teori Stark and Glock. Dampak yang banyak dirasakan oleh siswa yaitu pada bagian dimensi knowledge dan dimensi Effect. Hal ini dapat dilihat dari siswa menjadi lancar membaca Al-Qur’an, siswa dapat mengingat surah yang pernah dihafalkan, siswa dapat menambah pengetahuan dalam ajaran Al-Qur’an, siswa lebih menghormati guru, menghormati teman yang berbeda agama, berusaha memperbaiki diri, berperilaku sopan santun, dan lain lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Pendidikan, Program Tadarus Al-Qur’an, Religiusitas |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 13:19 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 13:19 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68716 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |