Rambu Zainab Apriani, NIM.: 22204021013 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INSYA’ DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI PPM MBS YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INSYĀ’ DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI PPM MBS YOGYAKARTA)
22204021013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INSYĀ’ DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI PPM MBS YOGYAKARTA)
22204021013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Insya’ merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dalam mengembangkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa. Namun terdapat adanya keterbatasan dan kekurangan dalam bahan ajar yang digunakan ketika pembelajaran insyā’di kelas takhasus, yaitu materi yang disampaikan kurang menarik perhatian siswa dan ta’bir yang diajarkan belum diterapkan dalam keseharian. Berangkat dari permasalahan yang ada, yakni keterbatasan dalam bahan ajar insyā’ pada siswa kelas takhasus PPM MBS Yogyakarta ketika pembelajaran dari materi serta latihan-latihan yang dipelajari alangkah baiknya dimasukan materi-materi yang sering dipakai dalam keseharian. Maka dari itu perlu adanya bahan ajar insyā’ bagi siswa kelas takhasus pada materi yang sesuai dengan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar dengan pendekatan kontekstual bagi siswa kelas takhasus di PPM MBS Yogyakarta dan untuk mengetahui bagaimana efektivitas bahan ajar tersebut. Penelitian dengan jenis Research and Development ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) dengan desain uji efektivitas one group pretest-posttest design. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang menghasilkan buku cetak dengan judul Al-insyā’ yang jumlah halaman 73 lembar, ukuran halaman B5 yang telah diuji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media. 2) Hasil analisis pretest dan posttest hasil belajar mata pelajaran insyā’ 30 siswa kelas takhasus PPM MBS Yogyakarta dengan teknik analisis Paired Sample T-test dihasilkan bahwa nilai t-hitung 9.279 > t-tabel 1.6973 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima serta nilai Sig. 2 tailed 0,00 < 0,05 yang dapat diinterpretasikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran bahasa Arab setelah menggunakan buku insyā’. Uji N-gain dengan hasil nilai rata-rata N-gain adalah sebesar 0.49 dengan klasifikasi sedang dan dapat disimpulkan bahwa tingkat efektifitas penggunaan produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah ‘kurang efektif’.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Insya’, Pendekatan Kontekstual |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 11:00 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 11:00 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68739 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |