EFEKTIVITAS PERMAINAN LEGO BRICK UNTUK MENINGKATKAN MOOD POSITIVE AUD SEBELUM KEGIATAN MUROJA’AH DI MADRASAH TAHFIDZ PUTRI ANAK KRAPYAK

Wulan Eldasari, NIM.: 22204032004 (2024) EFEKTIVITAS PERMAINAN LEGO BRICK UNTUK MENINGKATKAN MOOD POSITIVE AUD SEBELUM KEGIATAN MUROJA’AH DI MADRASAH TAHFIDZ PUTRI ANAK KRAPYAK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PERMAINAN LEGO BRICK UNTUK MENINGKATKAN MOOD POSITIVE AUD SEBELUM KEGIATAN MUROJA’AH DI MADRASAH TAHFIDZ PUTRI ANAK KRAPYAK)
22204032004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PERMAINAN LEGO BRICK UNTUK MENINGKATKAN MOOD POSITIVE AUD SEBELUM KEGIATAN MUROJA’AH DI MADRASAH TAHFIDZ PUTRI ANAK KRAPYAK)
22204032004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu problem yang menyebabkan anak kurang bersemangat ketika proses pembelajaran adalah karena kondisi suasana hatinya sedang tidak baik, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Kondisi mood anak mudah berubah-ubah, sehingga sebelum proses belajar dimulai sudah semestinya pendidik memastikan mood anak dalam keadaan baik-baik saja. Mood positive anak merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi kesiapan belajar dan kemampuan mereka dalam mengikuti proses belajar dan menerima materi. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana proses penerapan permainan lego brick dalam meningkatkan mood positive anak usia dini sebelum kegiatan muroja’ah (2) untuk menguji efektivitas permainan lego brick dalam meningkatkan mood positive anak usia dini sebelum kegiatan muroja’ah. (3) untuk mengukur seberapa besar nilai efektifitas dari permainan lego bricks dalam meningkatkan mood positive pada anak. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif eksperimen dengan bentuk kuasi eksperimen dan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 8 anak usia dini yang memiliki kondisi mood positive kategori rendah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan lembar instrumen observasi dalam bentuk checklist behavior. Pengambilan data dilakukan untuk mengukur perubahan mood positive anak sebelum dan sesudah bermain lego. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan nilai treatment df = 7 dan p = 0,000 < 0,05, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menyatakan bahwa anak-anak yang terlibat dalam permainan lego sebelum kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan mood positive secara signifikan. Hasil perhitungan N-Gain Score menunjukkan nilai mean sebesar 0,8175 > 0,7, maka kategori yang diperoleh adalah tinggi. Sedangkan nilai mean N-Gain Persen adalah sebesar 81,7464 % atau 81,7 %. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain dengan alat permainan lego brick (pada kelas eksperimen) efektif untuk meningkatkan mood positive anak dengan nilai efektivitas sebesar 81,7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah alat permainan lego brick efektif dalam meningkatkan mood positive anak sebelum muroja’ah. Sehingga permainan ini dapat digunakan sebagai salah satu strategi untuk mempersiapkan anak secara emosional dan mental dalam menghadapi proses belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Raden Rachmy Diana, S.Psi., M.A., Psi.
Uncontrolled Keywords: Permainan Lego Brick, Mood Positive, Muroja’ah, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Nov 2024 11:02
Last Modified: 19 Nov 2024 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68740

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum