KITAABU QAWAA’IDI AL-IMLAA’ LI AS-SYAIKH ‘ABDU AS-SALAM MUHAMMAD HAARUUN (Dirasah Tahliiliyyah Min Naahiyyati al-Maaddati)

Ahmad Naufal Hawari, NIM.: 20104020020 (2024) KITAABU QAWAA’IDI AL-IMLAA’ LI AS-SYAIKH ‘ABDU AS-SALAM MUHAMMAD HAARUUN (Dirasah Tahliiliyyah Min Naahiyyati al-Maaddati). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KITAABU QAWAA’IDI AL-IMLAA’ LI AS-SYAIKH ‘ABDU AS-SALAM MUHAMMAD HAARUUN (Dirasah Tahliiliyyah Min Naahiyyati al-Maaddati))
20104020020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KITAABU QAWAA’IDI AL-IMLAA’ LI AS-SYAIKH ‘ABDU AS-SALAM MUHAMMAD HAARUUN (Dirasah Tahliiliyyah Min Naahiyyati al-Maaddati))
20104020020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Buku ajar merupakan salah satu penunjang keberhasilan pembelajaran bahasa dan sekaligus dapat menjadi salah satu penyebab buruknya perkembangan pembelajaran bahasa. Banyaknya buku ajar yang beredar di masyarakat membuat peneliti tertarik untuk melakukan analisis materi pada buku ajar yang banyak digunakan. Adapun empat unsur penting dalam teori analisis buku ajar menurut W. F. Mackey, yaitu Seleksi, Gradasi, Presentasi dan Repitisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian teori W. F. Mackey dari segi materi serta mendeskripsikannya melalui segi Seleksi, Gradasi, Presentasi dan Repitisi. Penelitian ini menggunakan pendekataan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka. Objek sekaligus sumber data penelitian ini berupa buku ajar, yaitu kitab Qawaa’idul imla’ karya Syekh Abdus Salam Muhammad Harun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kitab ini belum sepenuhnya memenuhi standar penulisan buku ajar menurut teori W. F. Mackey. Ditinjau dari aspek seleksi, sudah memuat seluruh aspek seleksi (frequency, range, availability, dan learnability). Ditinjau dari aspek gradasi, menggunakan jenis gradasi lurus berdasarkan kategori kebahasaanya. Ditinjau dari aspek presentasi, penyampaian materi kitab belum menggunakan seluruh prosedur presentasi (diferensial, ostensive, pictorial, dan konteks). Ditinjau dari aspek repetisi, kitab memuat pengulangan berupa kaidah dan contoh, namun tidak terdapat latihan-latihan soal sebagai bahan evaluasi materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Nurul Huda, S.S.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: analisis materi; buku ajar; imla’; Bahasa Arab
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Nov 2024 14:44
Last Modified: 18 Nov 2024 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68798

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum