Dwi Erma Shofiana, NIM.: 04430988 (2009) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KREATIVITAS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS VIII MTs WAHID HASYIM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KREATIVITAS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS VIII MTs WAHID HASYIM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KREATIVITAS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS VIII MTs WAHID HASYIM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan kreativitas dalam pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim. Peningkatan keaktifan belajar dan kreativitas dalam pemecahan masalah matematika diupayakan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam kegiatan belajar-mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model kemis dan mc.taggart, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif didukung oleh data kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket, hasil wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknis analisi data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan belajar dan kreativitas dalam pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim. Model pembelajaran berbasis masalah menjadikan siswa dapat lebih aktif dalam bertanya, mengemukakan pendapat saat diskusi, mendengarkan, memperhatikan dan menanggapi pendapat orang lain, melatih siswa dalam memecahkan masalah dengan cara sendiri, bekerjasama dengan teman, melatih siswa untuk menyelesaikan soal tepat waktu, berani mengambil resiko, berani mempresentasikan hasil yang diperoleh dan menarik kesimpulan. Berdasar hasil angket diperoleh bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan di setiap indikator, begitu juga peningkatan terjadi pada indikator kreativitas dalam pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Edi Prajitno, M.Pd dan Suparni, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Keaktifan, Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 09:35 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 09:35 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68816 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |