PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MELALUI PEMANFAATAN FITUR INSTAGRAM PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN

Nadila Inayah Hayati, NIM.: 20104010083 (2024) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MELALUI PEMANFAATAN FITUR INSTAGRAM PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MELALUI PEMANFAATAN FITUR INSTAGRAM PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN)
20104010083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MELALUI PEMANFAATAN FITUR INSTAGRAM PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBANAN SLEMAN)
20104010083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) siswa kelas X di SMA Negeri 1 Prambanan Sleman. Masih terdadapat hasil ulangan harian siswa yang masih memperoleh nilai dibawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah faktor instrumental berupa pemanfaatan media pembelajaran. Sejauh ini, media pembelajaran PAI-BP masih terbatas pada pemanfaatan buku ajar berbasis teks sebagai satu-satunya sumber belajar dan belum mengintegrasikan teknologi. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat diterapkan adalah fitur-fitur yang tersedia pada media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pemanfaatan fitur-fitur pada media sosial Instagram terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI-BP serta menganalisis seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain post-test only with nonequivalent design. Subjek penelitian yang digunakan ialah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Prambanan Sleman yang berjumlah 36 siswa pada kelas eksperimen dan 36 siswa pada kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi prosedur pemanfaatan fitur Instagram sebagai media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes dengan bentuk post-test. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif menggunakan tabel dan diagram serta teknik statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik, yakni uji independent sample t-test dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan fitur Instagram terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI-BP dengan perolehan nilai thitung 2,387 (> ttabel 1,994) dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,010 (p < 0,05). Hasil belajar siswa yang memanfaatkan fitur Instagram memiliki nilai rata-rata (

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: fitur instagram; hasil belajar; PAI-BP
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Dec 2024 08:18
Last Modified: 03 Dec 2024 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68840

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum