Khayyun Latifah, NIM.: 20104090033 (2024) MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DALAM MEMBANGUN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DALAM MEMBANGUN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA)
20104090033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DALAM MEMBANGUN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA)
20104090033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh stigma dan diskriminasi terhadap peserta didik dengan kebutuhan khusus. Masih ada persepsi negatif atau pandangan stereotip terhadap kemampuan mereka, yang dapat mempengaruhi partisipasi mereka dalam pendidikan inklusi, keterbatasan sumber daya manusia yang terlatih dalam bidang pendidikan inklusi. Banyak guru dan tenaga pendidik yang belum memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang cukup tentang strategi pengajaran inklusi dan cara mengelola kebutuhan pendidikan khusus di dalam kelas. Hal ini dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran dan keterlibatan peserta didik dengan kebutuhan khusus, Selain itu, kurangnya fasilitas dan sarana pendukung yang memadai juga menjadi hambatan dalam implementasi pendidikan inklusi. sehingga dalam hal tersebut penelitian dilakukan dengan tujuan untuk Mengetahui dan mendeskripsikan manajemen dan startegi SD N Tamansari 1 Yogyakarta dalam membangun mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui beberapa tahap yaitu transcript, coding, grouping, comparing dan contrasing. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber. Informan penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini mencakup kepala sekolah, Koordinator pendidikan inklusi, serta GPK Berdasarkan hasil penelitian Manajemen pendidikan inklusi di SD N Tamansari 1 Yogyakarta dilaksanakan melalui beberapa tahapan diantaranya Perencanaan manajemen pendidikan inklusi yang dilakukan di SD N Tamansari 1 Yogyakarta meliputi mengidentifikasi tujuan, menjelaskan keadaan, mengoordinasikan aktivitas dan kegiatan dan penetapan kegiatan untuk mencapai tujuan. Pengorganisasian dalam pendidikan inklusi penting untuk memastikan bahwa setiap pihak terlibat dengan jelas dalam tugas dan tanggung jawabnya. Pelaksanaan manajemen pendidikan inklusi meliputi motivasi bawahan dan komunikasi yang baik, evaluasi program inklusi di SDN Tamansari 1 Yogyakarta dilakukan dengan pendekatan yang berfokus pada pemantauan dan perbaikan berkelanjutan. Strategi pengembangan mutu pendidikan inklusi di SDN Tamansari 1 Yogyakarta melibatkan langkah-langkah sistematis untuk memastikan akses pendidikan berkualitas bagi semua siswa, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus. Fokus utama dalam pengembangan mutu ini adalah pengembangan standar proses, standar pendidik dan tenaga pendidik, standar sarana dan prasarana serta standar penilaian pendidikan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Nora Saiva Jannana, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | inklusi; mutu pendidikan; pengembangan mutu |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus/Pendidikan Inklusi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 04 Dec 2024 14:31 |
| Last Modified: | 04 Dec 2024 14:31 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68850 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
