MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI CIPASUNG TASIKMALAYA

Nihayatul Fuadah, NIM.: 04420952 (2008) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI CIPASUNG TASIKMALAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI CIPASUNG TASIKMALAYA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI CIPASUNG TASIKMALAYA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran yang dilaksanakan dalam pembelajaran bahasa Arab oleh guru kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Cipasung Tasikmalaya serta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat terealisasinya pembelajaran yang efektif. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dalam memperbaiki proses pembelajaran bagi semua pihak, khususnya Madrasah Aliyah Negeri Cipasung dalam menghadapi kurikulum yang baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Negeri Cipasung Tasikmalaya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: pengumpulan data (data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi), mereduksi data yang telah terkumpul, mengkaji data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan memverivikasi mana data yang lebih mendalam dengan menelaah hasil yang telah dikumpulkan. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) manajemen pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan dapat dilihat dari fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan oleh guru, yaitu: Pertama, perencanaan pembelajaran, hasil penelitian menunjukkan pembelajaran yang dilakukan berdasarkan pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), sehingga guru masih menggunakan perencanaan Tahun Pelajaran 2006/2007, sehingga perencanaan pembelajaran tidak efektif, sebab tidak terdapat perbaikan sama sekali. Kedua, Pengorganisasian pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran kurang efektif, karena baik pendekatan, strategi, metode, media dan pengelolaan kelas yang digunakan kurang sesuai dengan tujuan yang tertera dalam kurikulum. Ketiga, Pengarahan pembelajaran, dari hasil penelitian menunjukkan guru sudah melakukan pengarahan yang baik kepada siswanya baik dalam memotivasi, memimpin maupun dalam mengajar. Keempat, Pengawasan pembelajaran, pengawasan pembelajaran kurang efektif, sebab masih menitikberatkan kepada hasil akhir dan kogitifnya siswa, yaitu hanya menggunakan penilaian tagihan dan penilaian tes tidak ada penilaian berbasis kelas yang menitikberatkan pada proses pembelajaran. 2) Dari beberapa faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung utama adalah siswa kelas XI banyak yang tinggal dipesantren sehingga terbiasa dengan tulisan-tulisan dan bacaan bahasa Arab. Namun, faktor penghambat utamapun adalah kemampuan siswa yang masih rendah dalam membaca tulisan bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Drs. H. Zaenal Arifin A. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Pembelajaran Efektif
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Dec 2024 08:50
Last Modified: 12 Dec 2024 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68878

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum