STRATEGI BERSAING PRESPEKTIF MARKET LEADER DI JOGJA T-SHIRT OMAH OBLONG (JETHE) YOGYAKARTA

Deni Abdul Aziz, NIM.: 20102040004 (2024) STRATEGI BERSAING PRESPEKTIF MARKET LEADER DI JOGJA T-SHIRT OMAH OBLONG (JETHE) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BERSAING PRESPEKTIF MARKET LEADER DI JOGJA T-SHIRT OMAH OBLONG (JETHE) YOGYAKARTA)
20102040004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BERSAING PRESPEKTIF MARKET LEADER DI JOGJA T-SHIRT OMAH OBLONG (JETHE) YOGYAKARTA)
20102040004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jogja T-Shirt Omah Oblong (JETHE) Yogyakarta merupakaan perusahaan yang sudah cukup terkenal di indonesia khususnya ruang lingkup Yogyakarta. Nama “Jogja T-Shirt dan JETHE” yang digunakan sebagai merek dagang sekaligus produk yang dijual dengan kualitas yang baik dan bagus. Untuk saat ini perusahaan tersebut merupakan ikon khas Yogyajarta yang menjadi pilihan masyarakat dan pengunjung sebagai buah tangan dan tempat cinderamata saat berkunjung ke Yogyakarta. Adapun beberapa pesaing bisnis yang berkecimbung dibidang cinderamata dan industri kreatif sperti Jogja T-Shirt Omah Oblong Yogyakarta yaitu, Mbejo (mbelinger jogja, Djogker (djogja t-shirt maker), Malio Ave, Dagadu Djokdja dan lain-lain. Melihat persaingan yang semakin ketat dan berkembang pesat, maka perlu dilakukan analisis faktor-faktor strategi bersaing yang ada di lingkup perusahaan baik yang menjadi strategi utama ataupun strategi khusus. Dalam mewujudkan strategi bersaing. Perusahaan diharuskan untuk menganalisis suatu formulasi strategi bersaing secara kritis. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti strategi bersaing yang diterapkan Jogja T-Shirt Omah Oblong (JETHE) Yogyakarta dengan menggunakan teori strategi bersaing market leader karena perusahaan ini menjadi pemimpin pasar dan sering ditiru dari para pesaing-pesaingnya pada bidang bisnis industri kreatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi bersaing Market Leader yang diterapkan oleh Jogja T-Shirt Omah Oblong Yogyakarta telah dilakukan dengan 3 poin yaitu, mengembangkan pangsa pasar, melindungi pangsa pasar dan memperluas pangsa pasar. Namun dari indikator memperluas pangsa pasar mengalami keseluruhan di poin Pertahanan serangan balik (counter offensive defense) masih belum maksimal karena Jogja T-Shirt Omah Oblong (JETHE) Yogyakarta belum memperlihatkan respon terhadap serangan balik yang dilakukan oleh para pesaingnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Early Maghfiroh Innayati, S.Ag. M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Bersaing, Market Leader, Jogja T-Shirt Omah Oblong (JETHE) Yogyakarta
Subjects: 600 Sains Terapan > 650 Business/Bisnis > 658.5 Manajemen - Industri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jan 2025 09:22
Last Modified: 02 Jan 2025 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69052

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum