LEARNING SPACE SEBAGAI RUANG PUBLIK: ANALISIS TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DI UPT PERPUSTAKAAN DAN UNDIP PRESS

Arin Luthfiyah, NIM.: 22200011009 (2024) LEARNING SPACE SEBAGAI RUANG PUBLIK: ANALISIS TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DI UPT PERPUSTAKAAN DAN UNDIP PRESS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LEARNING SPACE SEBAGAI RUANG PUBLIK: ANALISIS TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DI UPT PERPUSTAKAAN DAN UNDIP PRESS)
22200011009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (LEARNING SPACE SEBAGAI RUANG PUBLIK: ANALISIS TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DI UPT PERPUSTAKAAN DAN UNDIP PRESS)
22200011009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai Learning Space sebagai ruang publik: analisis terhadap interaksi sosial di UPT Peerpustakaan dan Undip Press. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi Learning Space sebagai ruang publik serta mengetahui Learning Space dapat membentuk interaksi sosial di UPT Perpustakaan dan Undip Press. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan sampel untuk informan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi terus terang, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data terbagi menjadi 4, yaitu 1) uji kredibilitas melalui triangulasi sumber, cara, waktu, dan member check, 2) uji transferability, 3) uji dependability, dan 4) uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Learning Space di UPT Perpustakaan dan Undip Press berfungsi sebagai lebih dari sekadar tempat belajar dan juga menjadi wadah sosial yang memfasilitasi dan mendorong adannya kolaborasi, pertukaran ide, dan pembentukan hubungan antar individu. Atribut seperti aksesibilitas, aktifitas, fasilitas dan kerja sama memainkan peran penting dalam mendorong terjadinnya interaksi sosial.Learning Space yang dihadirkan di UPT Perpustakaan dan Undip Press dapat membentuk interaksi sosial dengan para penggunannya dan menghasilkan bentuk yang positif. yaitu, adannya proses asosiatif diartikan sebagai bentuk interaksi yang positif berupa kerja sama dan akomodasi. Dimana bentuk yang sering muncul dalam proses interaksi sosial.Selain itu, analisis situasi ruang publik terkait pengelolaan dan promosi yang baik dapat meningkatkan pemanfaatan Learning Space sebagai pusat aktivitas komunitas maupun kelompok untuk mengoptimalkan fungsi Learning Space sebagai ruang publik. Serta perlunya upaya untuk meningkatkan fasilitas, dan program – program kegiatan yang melibatkan pengguna. Dengan demikian, UPT Perpustakaan dan Undip Press dapat terus beradaptasi dan berfungsi sebagai lingkungan belajar yang inklusif dan dinamis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Labibah, MLIS.
Uncontrolled Keywords: learning space; ruang publik; interaksi sosial
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Ilmu Informasi, dan Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027.7 Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Universitas
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Jan 2025 15:44
Last Modified: 02 Jan 2025 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69073

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum