Achmad Ghozaly, NIM.: 18106000009 (2024) PENGEMBANGAN E-COMIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MTS/SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN E-COMIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MTS/SMP)
18106000009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN E-COMIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MTS/SMP)
18106000009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian di latar belakangi dari minat belajar matematika siswa masih rendah. Siswa butuh sumber belajar tambahan selain buku pegangan. Bahan ajar memiliki keunggulan dibandingkan buku konvensional. Dengan kemajuan teknologi, E-Comic pembelajaran hadir sebagai inovasi baru. E-Comic ini diharapkan mampu meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian pengembangan E-Comic ini sebagai media pembelajaran matematika dalam materi kesebangunan dan kekongruenan. E-Comic ini merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan di dalam kelas maupun secara mandiri oleh siswa MTs Al ‘Imaroh kelas IX sebagai stimulan atau media pembelajaran yang dapat membantu jalannya pembelajaran materi Kesebangunan dan Kekongruenan. E-Comic memuat KI dan KD, indikator pembelajaran, yang bertujuan meningkatkan minat belajar. Penelitian pengembangan ini mengacu pada prosedur yang dikemukakan oleh Sugiyono dan telah dimodifikasi menjadi tiga tahapan yang meliputi Tahap Pendahuluan, Tahap Pengembangan, dan Tahap Evaluasi. Tahap Pendahuluan, meliputi pengumpulan data. Tahap pengembangan, mencakup perencanaan produk, pengembangan draft awal, dan penyelesaian produk. Tahap evaluasi, mencakup penilaian dan validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. E-Comic ini dinyatakan valid oleh ahli dengan kategori valid, dengan skor validitas sebesar 74% (0,74). sehingga media pembelajaran E-Comic ini layak digunakan. E-Comic dinyatakan praktis, berdasarkan hasil analisis, E-Comic memperoleh rata-rata sebesar 83,13% dimana rata-rata tersebut termasuk dalam kualifikasi Praktis. E-Comic juga dinilai efektif berdasarkan hasil penilaian statistik, dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.447 > 0.05, rata-rata minat belajar siswa sama dengan nilai 75,9 menunjukkan bahwa E-Comic mampu mempertahankan minat belajar siswa dan memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan lancar. Sehingga media pembelajaran E-Comic ini dikatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan siswa SMP kelas IX MTs Al ‘Imaroh yang telah mempelajari materi Kesebangunan dan Kekongruenan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd. I., M.Sc. |
Uncontrolled Keywords: | E-Comic, Pendekatan Kontekstual, Minat Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 14:48 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 14:48 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69159 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |