Mike Syahriana, NIM.: 20104080009 (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI MI DAARUL ‘ULUM SINAR MELATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI MI DAARUL ‘ULUM SINAR MELATI)
20104080009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI MI DAARUL ‘ULUM SINAR MELATI)
20104080009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Pancasila banyak yang bersifat hafalan, jika pembelajaran hanya dilakukan dengan ceramah peserta didik akan merasa bosan dan malas untuk belajar. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat menarik peserta didik supaya semangat dalam belajar, salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan sebelum dan setelah diberikan model pembelajaran Problem Based Learning dan efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV MI Daarul ‘Ulum Sinar Melati pada materi norma - norma yang berlaku di masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Metode pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan posttest), observasi, wawancara, dokumentasi. Variable penelitian ini terdiri dari variable independent (variable bebas) dan variable dependen (variable terikat). Dimana variable bebasnya yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan variable terikatnya yaitu kemampuan berpikir kritis peserta didik. Populasi pada penelitian ini ialah peserta didik kelas IV MI Daarul ‘Ulum Sinar Melati tahun ajaran 2024/2025 dengan mengambil sample pada kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 peserta didik dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 peserta didik. Pada kelas eksperimen di beri perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapn pada kelas kontro menggunakan model Cooperative Learning. Teknik analisis data dengan menggunakan Uji Independe Sampe T Test. Analisis data dibantu dengan menggunakan software IBM SPSS 22,00. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah diberikan tindakan berupa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal ini dibuktikan dari hasil pretest pada kelas eksperimen dimana nilai rata-rata yang semula 49,81 menjadi 82,88. Sehingga menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberikan tindakan. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t nilai posttest yang memperoleh nilai signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan pegaruh dalam kategori sedang, Sesuai dengan perhitungan tersebut model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) berpengaruh sebesar 66,40%.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Inggit Dyaning Wijayanti, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | PBL (Problem Based Learning), Berpikir Kritis, Pendidikan Pancasila |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 08 Jan 2025 14:11 |
| Last Modified: | 08 Jan 2025 14:11 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69181 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
