Fadia Hayya Tahta Auniillah, NIM.: 21104060020 (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI POWTOON MATERI HIDROKARBON BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI POWTOON MATERI HIDROKARBON BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA)
21104060020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI POWTOON MATERI HIDROKARBON BERBASIS JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA)
21104060020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran kimia di sekolah sering dianggap membosankan karena banyaknya materi yang bersifat hafalan dan abstrak, yang membuat peserta didik kehilangan minat dan semangat belajar. Inovasi dalam metode pengajaran diperlukan agar peserta didik lebih antusias dan memahami materi dengan lebih baik. Video animasi berbasis Joyful Learning menawarkan solusi dengan menyajikan konsep yang kompleks melalui visual menarik, lagu sederhana, dan contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi pada materi hidrokarbon, mencakup topik alkana, alkena, alkuna, isomerisme, dan reaksi hidrokarbon, guna meningkatkan minat belajar peserta didik serta menganalisis kualitas produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation & Evaluation), dibatasi hingga tahap development. Produk yang dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli media, tiga orang reviewer, dan direspon oleh peserta didik kelas XI SMA. Penilaian kualitas menggunakan instrumen berupa lembar penilaian dan lembar respon peserta didik. Video animasi ini memiliki karakteristik utama berupa visual yang menarik, lagu sederhana yang memudahkan hafalan, serta pengaitan konsep hidrokarbon dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penilaian menunjukkan skor 90% dari ahli materi, 95% dari ahli media, dan 92,5% dari reviewer, dengan kriteria sangat baik. Respon dari peserta didik juga positif dengan skor 95%. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada tahap pengembangan, sehingga implementasi di kelas belum dilakukan. Berdasarkan hasil tersebut, video animasi yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Setia Rahmawan, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Joyful Learning, Video Animasi, Hidrokarbon, PowToon, Minat Peserta Didik. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 14:47 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 14:47 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69193 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |