PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI POWTOON BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X

Sehati Mutiara Eljinsa, NIM.: 21104060038 (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI POWTOON BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI POWTOON BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X)
21104060038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI POWTOON BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X)
21104060038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Siswa sering mengalami kesulitan dalam belajar kimia karena konsep-konsepnya yang abstrak dan kompleks serta membutuhkan pemahaman yang mendalam. Oleh karena itu, inovasi dalam pembelajaran sangat dibutuhkan. Media pembelajaran sangat penting untuk menumbuhkan inovasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa animasi Powtoon yang menggunakan pendekatan saintifik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit serta mengevaluasi keefektifannya. Metode yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini melibatkan tiga orang peer reviewer, ahli media dan materi, lima orang guru kimia SMA, dan tiga belas orang siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen yang telah divalidasi. Hasil penelitian ini berupa video pembelajaran interaktif dalam format HD mp4 yang mencakup materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Produk ini memperoleh skor 82,5% dan 95% oleh ahli materi dan ahli media, dan dikategorikan valid. Penilaian oleh guru dan siswa menunjukkan nilai 82,5% dan 94,4% dengan kategori sangat baik. Video animasi Powtoon ini dapat menjadi alternatif media pembelajaran kimia yang potensial untuk digunakan dalam pembelajaran kimia di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kimia, Media Pembelajaran, Powtoon, Pendekatan Saintifik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Jan 2025 14:51
Last Modified: 08 Jan 2025 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69195

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum