KEMAMPUAN INHIBITOR ALAMI BIJI SALAK (Salacca Zalacca (Gaertn.) Voss.) DALAM MENGURANGI PELEPASAN ION BESI SEBAGAI BAHAN AJAR KIMIA KONTEKSTUAL SMA/MA MATERI KOROSI

Haryo Hendrawan Wijonarko, NIM.: 21104060040 (2024) KEMAMPUAN INHIBITOR ALAMI BIJI SALAK (Salacca Zalacca (Gaertn.) Voss.) DALAM MENGURANGI PELEPASAN ION BESI SEBAGAI BAHAN AJAR KIMIA KONTEKSTUAL SMA/MA MATERI KOROSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN INHIBITOR ALAMI BIJI SALAK (Salacca Zalacca (Gaertn.) Voss.) DALAM MENGURANGI PELEPASAN ION BESI SEBAGAI BAHAN AJAR KIMIA KONTEKSTUAL SMA/MA MATERI KOROSI)
21104060040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN INHIBITOR ALAMI BIJI SALAK (Salacca Zalacca (Gaertn.) Voss.) DALAM MENGURANGI PELEPASAN ION BESI SEBAGAI BAHAN AJAR KIMIA KONTEKSTUAL SMA/MA MATERI KOROSI)
21104060040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi pendidikan mempengaruhi perkembangan kurikulum yang digunakan di Indonesia. Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka menjadikan proses pembelajaran yang beragam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Salah satu metode yang digunakan dalam kurikulum merdeka yaitu metode pembelajaran kontekstual. Pembelajaran kontekstual melalui percobaan sesuai untuk mengaplikasikan materi yang dipelajari untuk digunakan pada kehidupan sehari-hari peserta didik. Fenomena korosi yang ditemukan sehari-hari menjadi faktor dilakukannya percobaan untuk mengatasi korosi. Kandungan senyawa tanin dalam biji salak mampu digunakan sebagai inhibitor korosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan inhibitor alami dari ekstrak biji salak sehingga dapat dijadikan sebagai percobaan alternatif pada pembelajaran kontekstual kimia pada sub materi korosi. Jenis penelitian yang dilakukan ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Analisis capaian pembelajaran dan keterampilan proses kimia fase F dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur pada naskah kurikulum merdeka melalui situs resmi kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi Republik Indonesia. Analisis inhibitor alami biji salak sebagai inhibitor korosi dilakukan menggunakan metode eksperimen dan observasi. Analisis inhibitor alami biji salak sebagai alternatif percobaan dalam pembelajaran kontekstual kimia dilakukan melalui studi literatur, observasi, eksperimen, dan wawancara. Kesiapan percobaan sederhana inhibitor biji salak selanjutnya dikaji melalui aspek pedagogik, finansial, dan aspek sumber daya manusia. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan inhibitor biji salak dalam mengurangi laju korosi besi dipengaruhi oleh pemilihan pelarut. Proses maserasi biji salak menggunakan pelarut air tidak dapat menurunkan laju korosi besi. Sedangkan penggunaan pelarut etanol 70% dan etanol 96% dapat menurunkan laju korosi besi. Tingkat efisiensi inhibitor biji salak menggunakan pelarut etanol 70% dan 96% berturut-turut mencapai 37,097% dan 46,341% pada konsentrasi biji salak 20%. Sehingga penggunaan pelarut etanol 96% lebih baik daripada etanol 70% sebagai pelarut maserasi biji salak yang digunakan sebagai inhibitor korosi. Keterkaitan percobaan sederhana inhibitor biji salak dengan materi korosi diantaranya yaitu faktor-faktor penyebab korosi, mencegah terjadinya korosi, perhitungan laju korosi, dan pengaruh penggunaan inhibitor dalam mengurangi korosi serta perhitungan efisiensi inhibitor yang digunakan. Berdasarkan analisis pada aspek pedagogik, finansial, dan sumber daya manusia menunjukkan bahwa percobaan inhibitor biji salak mampu digunakan sebagai percobaan alternatif pada pembelajaran kontekstual kimia pada sub materi korosi kelas XII fase F.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Inhibitor Alami, Biji Salak
Subjects: 500 Sains Murni > 540 Kimia > 540.7 Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Jan 2025 14:53
Last Modified: 08 Jan 2025 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69196

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum