Novita Maula Salsabila, NIM.: 22204022001 (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BAHASA ARAB BERDIFERENSIASI DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MAN 2 KUDUS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR BAHASA ARAB BERDIFERENSIASI DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MAN 2 KUDUS)
22204022001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (11MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN MODUL AJAR BAHASA ARAB BERDIFERENSIASI DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MAN 2 KUDUS)
22204022001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengembangkan modul ajar bahasa Arab berdiferensiasi 2) menguji efektivitas modul ajar Bahasa Arab berdiferensiasi terhadap peningkatan prestasi belajar bahasa Arab peserta didik kelas XI MAN 2 Kudus. Hal ini dilatar belakangi oleh kesulitan belajar bahasa Arab yang dialami peserta didik yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk tantangan pembelajaran yang diberikan oleh guru yang tidak sebanding dengan kemampuan peserta didik, kurangnya minat belajar peserta didik, serta ketidaksesuaian metode pembelajaran dengan gaya belajar peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi hadir untuk merespons kebutuhan, gaya, atau minat belajar yang berbeda-beda dari setiap peserta didik. Akan tetapi penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran bahasa Arab di madrasah masih tergolong sangat sedikit. Sehingga dirasa perlu untuk mengembangkan modul ajar berdiferensiasi agar dapat memberikan panduan yang lebih konkret dan terstruktur bagi guru dalam mengimplementasikan pendekatan ini. Jenis penelitian ini adalah Research and Developmet menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implentation, dan Evaluation). Peneliti menggunakan desain penelitian Quasi-Experiment yaitu Nonequivalent control group design. Peserta didik kelas XI MAN 2 Kudus merupakan subjek penelitian pada penelitian ini. Untuk mengumpulkan data peneliti melalu observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan Uji Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 27. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Modul ajar bahasa Arab berdiferensiasi diawali dari penyusunan tes dignostik kognitif dan non-kognitif. Dari hasil tes diagnostik dilakukan pemetaan peserta didik berdasarkan kesiapan belajar dan gaya belajar. Kemudian perumusan model pembelajaran dan penyusunan materi pembelajaran (diferensiasi konten). Selanjutnya, pelaksanaaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang telah dirumuskan (diferensiasi proses dan produk). Di akhir pembelajaran dilakukan refleksi guru bersama peserta didik. 2) Modul ajar bahasa Arab berdiferensiasi efektif terhadap peningkatan prestasi belajar bahasa Arab di MAN 2 Kudus. Diketahui dari hasil analisis data bahwa adanya peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest yang ditunjukan dari hasil uji N-Gain Score sebesar 0,4508 dengan kategori sedang. Dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukan dari hasil uji Independent T-Test sebesar 0,044.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Modul Ajar, Pembelajaran Bahasa Arab, Prestasi Belajar |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 09 Jan 2025 13:44 |
| Last Modified: | 09 Jan 2025 13:44 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69220 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
