Anisatul Muzayanah, NIM.: 21102020029 (2024) POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONFIDENCE SISWA KB-TK KAMULAN SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONFIDENCE SISWA KB-TK KAMULAN SCHOOL YOGYAKARTA)
21102020029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONFIDENCE SISWA KB-TK KAMULAN SCHOOL YOGYAKARTA)
21102020029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan sekolah pada tingkat KB-TK memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk dasar perkembangan dan kepribadian pada anak usia dini yang merupakan masa keemasan (golden age). Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah self-confidence atau kepercayaan diri siswa. Pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan self-confidence pada siswa salah satunya yaitu positive reinforcement, baik dalam bentuk verbal maupun non verbal. Dalam penerapannya, positive reinforcement dapat diimplementasikan melalui berbagai kegiatan dan interaksi dalam proses pembelajaran sehingga mampu menimbulkan rasa semangat yang membuat percaya diri pada anak meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis bentuk-bentuk positive reinforcement untuk meningkatkan self-confidence siswa KB-TK Kamulan School Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis field research (penelitian lapangan), mengambil lokasi di KB-TK Kamulan School Yogyakarta. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 3 guru sekolah, dan 2 wali siswa. Objek pada penelitian ini adalah bentuk-bentuk positive reinforcement untuk meningkatkan self-confidence siswa KB-TK Kamulan School Yogyakarta. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk positive reinforcement untuk meningkatkan self-confidence siswa KB-TK Kamulan School Yogyakarta terbagi menjadi dua yaitu: pertama, penguatan verbal yang meliputi kata-kata dan kalimat. Kedua, penguatan non-verbal yang meliputi gestural, pendekatan, sentuhan, kegiatan yang menyenangkan, dan simbol/benda.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Nailul Falah, S. Ag, M. Si |
| Uncontrolled Keywords: | positive reinforcement, self-confidence |
| Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1) |
| Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
| Date Deposited: | 16 Jan 2025 11:04 |
| Last Modified: | 16 Jan 2025 11:04 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69400 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
