Anggi Radar Bintara, NIM.: 21105050034 (2024) ANALISIS INKONSISTENSI PENERAPAN METODE PEMAKNAAN HADIS DALAM KITAB AL-I’JAZ AL-‘ILMI FI AL-SUNNAH AL-NABAWIYYAH KARYA ZAGHLUL AL-NAJJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ANALISIS INKONSISTENSI PENERAPAN METODE PEMAKNAAN HADIS DALAM KITAB AL-I’JAZ AL-‘ILMI FI AL-SUNNAH AL-NABAWIYYAH KARYA ZAGHLUL AL-NAJJAR)
21105050034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (ANALISIS INKONSISTENSI PENERAPAN METODE PEMAKNAAN HADIS DALAM KITAB AL-I’JAZ AL-‘ILMI FI AL-SUNNAH AL-NABAWIYYAH KARYA ZAGHLUL AL-NAJJAR)
21105050034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kitab Al’jaz Al-’Ilmi fi As-Sunnah An-Nabawiyyah adalah sebuah kitab yang menghimpun dan menjelaskan hadis dengan pendekatan sains. Kitab ini ditulis oleh seorang ahli geologi bernama Zaghlul Al-Najjar. Dalam memahami hadis-hadis dalam kitab tersebut, Zaghlul Al-Najjar menerapkan lima metode, yaitu: 1) melakukan analisis kebahasaan terhadap hadis, 2) memahami asbāb al-wurūd dari hadis, 3) memverifikasi hadis kepada ayat-ayat Al-Quran yang memiliki keterkaitan pembahasan, 4) memahami hadis menggunakan hadis-hadis lain yang memiliki keterkaitan pembahasan dan 5) menelusuri aspek-aspek saintifik dari suatu hadis. Meskipun metode yang diterapkan oleh Zaghlul Al-Najjar dapat dikatakan cukup baik digunakan untuk memahami hadis, namun peneliti menemukan bahwa dalam praktiknya, Zaghlul Al-Najjar seringkali tidak konsisten dalam menerapkan metode-metode tersebut. Hal itulah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk menganalisis inkonsistensi penerapan metode yang dilakukan oleh Zaghlul Al-Najjar dalam kitabnya dan menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya inkonsistensi penerapan metode oleh Zaghlul Al-Najjar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbasis kepustakaan yang dilakukan dengan metode deskriptif-analitis. Data-data primer yang digunakan dalam penelitian ini didapat melalui penelusuran secara langsung ke dalam kitab Al’jāz Al-’Ilmi fi As-Sunnah An-Nabawiyyah. Adapun data-data sekunder/pendukung, didapat melalui penelusuran kedalam literatur berupa kitab-kitab hadis primer maupun sekunder, al-Quran, kitab syarh hadis, kitab asbāb al-wurūd hadis, kitab tafsir al-Quran, kitab gharib al-hadis, buku-buku dan artikel ilmiah. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu; 1). Tingkat inkonsistensi penerapan metode yang dilakukan oleh Zaghlul Al-Najjar dalam kitab Al’jāz Al-’Ilmi fi As-Sunnah An-Nabawiyyah mencapai angka 95%. Angka persentase inkonsistensi tersebut terdiri dari 33% (24 hadis) yang disyarah dengan 3 metode saja, 29% (21 hadis) yang disyarah dengan 4 metode saja, 23% (16 hadis) yang disyarah dengan 2 metode saja, 10% (6 hadis) yang disyarah dengan 1 metode saja. Disamping itu hanya terdapat 5% (3 hadis) yang disyarah dengan 5 metode. 2). Terdapat 3 faktor yang terbukti menjadi penyebab inkonsistensi penerapan metode, yaitu pertama, tidak ada data yang dapat digunakan untuk menerapkan metode. Kedua, data-data yang tersedia dan dapat digunakan tidak relevan dengan konteks sains dalam tema hadis tersebut. Ketiga, data-data yang tersedia dan dapat digunakan untuk memahami hadis tidak digunakan oleh Zaglul Al-Najjar karena berbagai alasan seperti latar belakang, fokus pembahasan kitab dan lain-lain.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dadi Nurhaedi, S.Ag. M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | Hadis, Sains, Zaghlul Al-Najjar, Al-I'jaz Al-'Ilmi fi As-Sunnah An-Nabawiyyah |
| Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.21 Ilmu Hadis |
| Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 16 Jan 2025 14:31 |
| Last Modified: | 16 Jan 2025 14:31 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69412 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
