KONTRIBUSI MATA KULIAH PENDIDIKAN MODERASI ISLAM DALAM UPAYA PENCEGAHAN INTOLERANSI

Huzdaeni Rahmawati, NIM.: 21204012063 (2024) KONTRIBUSI MATA KULIAH PENDIDIKAN MODERASI ISLAM DALAM UPAYA PENCEGAHAN INTOLERANSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI MATA KULIAH PENDIDIKAN MODERASI ISLAM DALAM UPAYA PENCEGAHAN INTOLERANSI)
21204012063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI MATA KULIAH PENDIDIKAN MODERASI ISLAM DALAM UPAYA PENCEGAHAN INTOLERANSI)
21204012063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan intoleransi dan radikalisme di kalangan akademisi dan masyarakat menjadi perhatian serius, apalagi di tengah maraknya tren kekerasan berbasis keyakinan. Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan tinggi memiliki tanggung jawab untuk memasyarakatkan nilai-nilai moderasi beragama guna membentuk generasi yang toleran dan terbuka. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Prof. Saefuddin Zuhri Purwokerto, Banyumas, dengan tujuan utama mengkaji kontribusi Pendidikan Moderasi Islam dalam upaya pencegahan intoleransi. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana pendidikan moderasi Islam dapat dijadikan sebagai sarana efektif untuk meredam potensi radikalisme di kalangan mahasiswa, sekaligus menjadi bahan evaluasi bagi pengembangan kurikulum yang lebih inklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara mendalam dengan dosen dan mahasiswa, observasi langsung di kelas, dan dokumentasi terkait materi dan kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles & Huberman yang terdiri dari tiga tahap utama, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Selain itu, untuk memastikan keabsahan dan keandalan data, dilakukan uji keabsahan data melalui teknik triangulasi, baik dari segi sumber, metode, maupun teori. Proses ini memungkinkan peneliti memperoleh gambaran yang lebih komprehensif tentang implementasi Pendidikan Moderasi Islam di lingkungan akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Moderasi Islam berperan penting dalam membentuk sikap toleran di kalangan mahasiswa. Salah satu temuan utamanya adalah akulturasi dengan pendidikan multikultural dapat memperkuat pemahaman mahasiswa tentang pentingnya sikap moderat dalam beragama. Selain itu, strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif, seperti kelas outing yang melibatkan menonton film moral, terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan mengurangi kebosanan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk mencapai tujuan pencegahan intoleransi, lembaga pendidikan perlu mengembangkan kurikulum yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga pada pembentukan karakter dan sikap moderat. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan moderat di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. H. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Islamic Moderation Education; multicultural; inclusive; mata kuliah
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya (Moderasi Beragama)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Jan 2025 14:38
Last Modified: 16 Jan 2025 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum