Muharir, NIM.: 22204092015 (2024) PENGELOLAAN KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENINGKATKAN AKTUALISASI DIRI SISWA DI SMPN 15 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGELOLAAN KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENINGKATKAN AKTUALISASI DIRI SISWA DI SMPN 15 YOGYAKARTA)
22204092015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (PENGELOLAAN KEBIJAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENINGKATKAN AKTUALISASI DIRI SISWA DI SMPN 15 YOGYAKARTA)
22204092015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan berperan penting dalam mengembangkan potensi anak, baik dari segi minat maupun bakat. Namun, tantangan seperti kekerasan di sekolah dan tekanan akademik yang berlebihan sering kali menghambat siswa untuk mencapai aktualisasi diri secara optimal. Kebijakan sekolah ramah anak hadir sebagai solusi untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif, serta menghormati hak-hak siswa. Melalui kebijakan yang tepat, sekolah dapat mendukung perkembangan psikologis, emosional, dan sosial siswa, sehingga mereka dapat lebih percaya diri dan mampu mengembangkan potensi diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengelolaan kebijakan sekolah ramah anak dalam meningkatkan aktualisasi diri siswa di SMPN 15 Yogyakarta, serta bagaimana kontribusi kebijakan sekolah ramah anak dalam meningkatkan aktualisasi diri siswa di SMPN 15 Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validasi dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa Pertama, pengelolaan kebijakan sekolah ramah anak dalam meningkatkan aktualisasi diri di SMPN 15 Yogyakarta dirancang dengan baik melalui perencanaan yang holistik, pelaksanaan yang efektif, serta evaluasi yang konsisten. Kedua, kebijakan sekolah ramah anak memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan rasa percaya diri, pengembangan keterampilan sosial, serta mendukung bakat dan minat siswa. Ketiga, pengelolaan kebijakan sekolah ramah anak berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi aktualisasi diri siswa, serta mendorong partisipasi aktif dari siswa, guru, dan orang tua dalam membangun pendidikan yang inklusif dan mendukung perkembangan potensi siswa secara menyeluruh.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. H. Sumedi, M.Ag |
| Uncontrolled Keywords: | policy management; child-friendly school; self-actualization |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 17 Jan 2025 14:43 |
| Last Modified: | 17 Jan 2025 14:43 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69457 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
