PENGEMBANGAN SKALA KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI SISWA SD/MI YANG BERISIKO MENJADI KORBAN PERUNDUNGAN BERDASARKAN GENDER

Sholihah Ummi Nirmala, NIM.: 22204082007 (2024) PENGEMBANGAN SKALA KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI SISWA SD/MI YANG BERISIKO MENJADI KORBAN PERUNDUNGAN BERDASARKAN GENDER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SKALA KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI SISWA SD/MI YANG BERISIKO MENJADI KORBAN PERUNDUNGAN BERDASARKAN GENDER)
22204082007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SKALA KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI SISWA SD/MI YANG BERISIKO MENJADI KORBAN PERUNDUNGAN BERDASARKAN GENDER)
22204082007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya pengembangan kecerdasan emosional pada siswa sejak dini untuk mencegah risiko menjadi korban perundungan terutama di sekolah dasar (SD/MI) di mana siswa masih dalam tahap perkembangan sosial dan emosional. Perundungan di sekolah dasar sering terjadi baik dalam bentuk fisik maupun verbal, dan berpotensi menimbulkan dampak negatif pada kesehatan mental dan kesejahteraan siswa. Perbedaan risiko antara siswa laki-laki dan perempuan dalam menjadi korban perundungan menambah urgensi untuk mengidentifikasi siswa berisiko berdasarkan gender. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan dan menerapkan skala kecerdasan emosional untuk mengidentifikasi siswa SD/MI yang berisiko menjadi korban perundungan berdasarkan gender, serta mengetahui gender yang paling berisiko menjadi korban perundungan berdasarkan hasil uji pengembangan skala kecerdasan emosional. Penelitian ini mengacu pada teori kecerdasan emosional Daniel Goleman, yang mengemukakan bahwa kecerdasan emosional meliputi (kesadaran diri, pengaturan emosi, motivasi diri, empati, dan keterampilan sosial) serta teori perundungan menurut Olweus. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Boateng dengan tiga fase. Hasil analisis dalam penerapan skala menunjukkan nilai MSA dan KMO sebesar 0,968, dan semua factor loading di atas 0,7, mendukung kualitas data yang sangat baik. Path diagram memperlihatkan dua faktor laten serupa. Indeks kecocokan CFA (CFI = 0,951, TLI = 0,947, SRMR = 0,043, RMSEA = 0,076) memperlihatkan kesesuaian model yang baik. Reliabilitas juga sangat tinggi, dengan omega faktor 1 sebesar 0,986 dan faktor 2 sebesar 0,966. Dari hasil penerapan, siswa laki-laki ditemukan memiliki risiko lebih tinggi menjadi korban perundungan dibandingkan siswa perempuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Prof. Dr. Hj. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pengembangan skala; perundungan; kecerdasan emosional
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 152.4 Emosi dan Perasaan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Jan 2025 15:27
Last Modified: 20 Jan 2025 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69502

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum