Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa

M. Fida Busyro Karim, NIM. 09.226.066 (2011) Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa)
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa)
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi, mengevaluasi, mensistematisasi dan mengkonstruksi secara kritis materi konflik dan materi progress yang ada dalam Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Semester Gasal kompetensi dasar ”perkembangan Islam masa dinasti Abbasiyah. Hal ini terkait beberapa keluhan SKI hanya berisi kumpulan fakta-fakta. Selain itu, PAI khususnya SKI dianggap gagal membentuk kesadaran sejarah dan keberagamaan para siswa. Fakta materinya SKI selalu menarasikan konflik di antara umat Islam. Kalaupun toh muncul kemajuan, kemudian dianggap sesuatu sakral. Munculnya radikalisme diduga karena SKI. Karena itu penelitian ini dalam rangka klarifikasi historis munculnya konflik dan progress, mensistematisasi dan mengkonstruksi materi ajar agar signifikan bagi struktur kesadaran mereka. Jenis penelitian ini merupakan penelitian literer (document/library research), yang mengambil unit analisa berupa signifikansi materi dan struktur kesadaran. Adapun objek kajiannya berupa buku teks pelajaran yang dipakai sebagai bahan ajar SKI di kelas, yaitu buku ”Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam” terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo. Berangkatdari paradigma kritis, pengumpulan datanya dilakukan melalui studi pustaka untuk kemudian dilakukan analisa deskriptif dan konstruktif, menggunakan pendekatan sejarah, bahasa, pengembangan kurikulum dan psikologi belajar/pendidikan. Adapun kerangka teoritiknya adalah prespektif konstruktivisme dengan menggunakan sejarah kritis, teori readibility, teori skemata dan teori kognitif Jean Piaget. Dari prosedur eklektik ini menghasilkan beberapa temuan bahwa sejarah perkembangan Islam masa Abbasiyah itu berlangsung secara dinamis melalui dialektika konflik yang ditopang oleh pengaruh agama dan semangat ashabiyah berbagai suku bangsa. Konsep khilafah universal yang dikembangkan oleh Abbasiyah merupakan suatu klarifikasi historis bahwa sebuah kekuasaan harus absolut untuk menjamin kesatuan ummat, yang pada gilirannya mampu menopang progresivitas ummat membangun peradaban gemilang. Hanya saja, keagungan Islam pada masa itu mengalami keterputusan karena dominannya epistemologi bayani yang berlangsung sampai saat ini, akibatnya Islam terpinggirkan dari peradaban modern. Realitas historis yang ada pada buku ajar lebih banyak menggunakan mainstream politik dan tidak menyentuh realitas riel ummat saat itu. Pada gilirannya, ini menjadi problem dalam pembelajaran SKI, apalagi melalui analisa readibility kebanyakan teks-teks SKI sulit terbaca dan sejarah tidak bisa berbicara senyatana. Melalui teori skemata dalam pengembangan kurikulum, ditemukan banyaknya celah untuk mengintrodusir pengetahuan kesejarahan dalam struktur kesadaran siswa, melalui jalinan tematik dimulai dari keseharian siswa. Dengan skematisasi ini, akan memudahkan para siswa melakukan konstrusi pengetahuan melalui kinerja kognitif dari figuratif ke operatif dan dari asimilatif ke akomodatif sehingga tercapai keseimbangan (equilbrium) dalam struktur kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: materi konflik, materi progres, sejarah kebudayaan islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Feb 2013 00:06
Last Modified: 24 Apr 2015 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6953

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum