PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS PICTORIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI SEL ELEKTROKIMIA

Nur Afni Himmatul Ulya, NIM.: 21104060035 (2024) PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS PICTORIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI SEL ELEKTROKIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS PICTORIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI SEL ELEKTROKIMIA)
21104060035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS PICTORIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI SEL ELEKTROKIMIA)
21104060035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Miskonsepsi merupakan salah satu permasalahan dalam pembelajaran kimia, terutama pada materi sel elektrokimia seperti sel volta dan elektrolisis. Konsep ini melibatkan reaksi redoks, perpindahan elektron, serta proses di anoda dan katoda, sehingga sering menyebabkan kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen tes diagnostik five-tier multiple choice berbasis pictorial untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi ini. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) model Tessmer yang meliputi lima tahap: preliminary (analisis kebutuhan), self-evaluation (pengembangan awal instrumen), expert review (validasi ahli), one-to-one evaluation (uji coba terbatas), dan small group evaluation (uji coba kelompok kecil). Validitas diuji menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI), sementara reliabilitas diuji dengan model Rasch. Hasil penelitian menunjukkan instrumen ini valid dengan nilai CVI rata-rata 1,00 dan reliabilitas sedang dengan Cronbach's Alpha 0,71–0,76. Instrumen ini berhasil mengungkap miskonsepsi pada konsep seperti prinsip kerja sel volta, elektrolisis, dan arah aliran elektron. Mayoritas peserta didik menggunakan internet sebagai sumber informasi utama, namun kurang terverifikasi sehingga memperbesar potensi miskonsepsi. Instrumen ini diharapkan membantu guru dalam merancang strategi pembelajaran berbasis data untuk meningkatkan pemahaman peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Setia Rahmawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Five-tier Multiple Choice; Miskonsepsi; Pictorial; Sel Elektrokimia; Tes Diagnostik
Subjects: 500 Sains Murni > 540 Kimia > 540.7 Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Jan 2025 15:43
Last Modified: 21 Jan 2025 15:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69540

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum