PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS

Dwi Septiaji Gusti, NIM.: 20104070012 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS)
20104070012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS)
20104070012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Game edukasi merupakan jenis permainan yang dirancang dengan tujuan utama untuk mengedukasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang praktis dengan game edukasi berbasis Android pada materi virus dan untuk mengetahui kelayakan serta respon peserta didik terhadap media pembelajaran game edukasi berbasis Android pada materi virus. Metode penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan ADDIE menurut Branch yang meliputi analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen berupa angket dengan skala likert 4 untuk mengetahui kelayakan serta respon peserta didik. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran game edukasi berbasis Android pada materi virus. Game edukasi yang dikembangkan dinilai dan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan guru biologi. Uji coba game edukasi dilakukan secara terbatas pada 15 peserta didik kelas X SMAN 1 Piyungan. Hasil penelitian ini menunjukan kategori “sangat layak” dengan nilai validasi ahli media diperoleh rata-rata persentase sebesar 95,71%, validasi ahli materi diperoleh rata-rata persentase 83,08%, validasi oleh guru diperoleh rata-rata presentase pada media sebesar 95,71% dan pada materi sebesar 87,69%, dan penilaian respon peserta didik diperoleh rata-rata presentase sebesar 84,27% yang menunjukkan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penelitian, maka game edukasi berbasis Android pada materi virus sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang praktis bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Erna Wulandari, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: learning media; educational game; android based; viruses
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
500 Sains Murni > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Jan 2025 15:47
Last Modified: 21 Jan 2025 15:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69541

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum