PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS PICTORIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Talitha Emilia, NIM.: 21104060019 (2024) PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS PICTORIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS PICTORIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN)
21104060019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS PICTORIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN)
21104060019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy

Abstract

Sifat koligatif larutan merupakan salah satu materi kimia yang dianggap abstrak karena mencakup ketiga representasi kimia. Masih sedikit guru kimia yang mengembangkan tes diagnostik bertingkat untuk identifikasi miskonsepsi pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes diagnostik five-tier multiple choice berbasis pictorial yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi sifat koligatif larutan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Tessmer. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA/MA. Instrumen yang digunakan yaitu tes diagnostik five-tier dan lembar validasi ahli evaluasi. Berdasarkan uji validitas isi menggunakan Rasio Validitas Isi (CVR), terdapat 25 item yang memenuhi kriteria valid. Berdasarkan uji reliabilitas yang diperoleh Nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,90 yang menunjukkan bahwa tes yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak digunakan. Hal ini dapat mengidentifikasi kesalahpahaman siswa SMA pada materi sifat koligatif larutan, karena adanya gambar pada soal mampu memberikan gambaran representasi dari soal yang ditanyakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Setia Rahmawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: sifat koligatif; larutan elektrolit; five-tier; pictorial
Subjects: 500 Sains Murni > 540 Kimia > 540.7 Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Jan 2025 09:19
Last Modified: 22 Jan 2025 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69559

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum