Nurul Ariza, NIM.: 22204012008 (2024) KECERDASAN EMOSIONAL DITINJAU DARI FATHERLESS DAN KEDISIPLINAN SHALAT FARDHU (Studi terhadap Remaja Panti Asuhan Yatim dan Dhu‘afa Mafaza Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KECERDASAN EMOSIONAL DITINJAU DARI FATHERLESS DAN KEDISIPLINAN SHALAT FARDHU)
22204012008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
|
|
Text (KECERDASAN EMOSIONAL DITINJAU DARI FATHERLESS DAN KEDISIPLINAN SHALAT FARDHU)
22204012008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Pertama, terjadinya keadaan fatherless pada remaja Panti Asuhan Yatim dan Dhu‘afa Mafaza Yogyakarta. Kedua, terjadinya kedisiplinan shalat fardhu pada remaja Panti Asuhan Yatim dan Dhu‘afa Mafaza Yogyakarta. Ketiga, keadaan kecerdasan emosional pada remaja Panti Asuhan Yatim dan Dhu‘afa Mafaza Yogyakarta. Keempat, prediksi variabel kecerdasan emosional oleh variabel fatherless pada remaja Panti Asuhan Yatim dan Dhu‘afa Mafaza Yogyakarta. Kelima, prediksi variabel kecerdasan emosional oleh variabel kedisiplinan shalat fardhu pada remaja Panti Asuhan Yatim dan Dhu‘afa Mafaza Yogyakarta. Keenam, variabel kecerdasan emosional diprediksi oleh variabel fatherless dan variabel kedisiplinan shalat fardhu pada remaja Panti Asuhan Yatim dan Dhu‘afa Mafaza Yogyakarta. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian kombinasi dengan desain Concurrent Embedded Strategy. Populasi terdiri dari seluruh remaja Panti Asuhan Yatim dan Dhu‘afa Mafaza Yogyakarta sebanyak 105 remaja dan sampel sebanyak 84 remaja. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Metode analisis data kuantitaif menggunakan analisis deksriptif, uji prasyarat antaranya; uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedatisitas, dan uji multikolinearitas. Sementara itu, analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Metode analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Adapun uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terjadi fatherless pada remaja Panti Asuhan Yatim dan Dhu‘afa Mazafa Yogyakarta disebabkan karena ayah yang tidak dapat menjadi role model bagi anak dan ayah tidak meluangkan waktu untuk anak. Kedua, terjadi kedisiplinan shalat fardhu pada remaja Panti Asuhan Yatim dan Dhu‘afa Mazafa Yogyakarta disebabkan karena memiliki role model, motivasi yang baik dan pendidikan dan pelatihan. Ketiga, temaja Panti Asuhan Yatim dan Dhu‘afa Mazafa Yogyakarta sebagian besar memiliki tingkat kecerdasan emosional dalam kategori sedang dengan skor sebesar 45%. Keempat, kecerdasan emosional pada remaja Panti Asuhan Yatim dan Dhu‘afa Mafaza Yogyakarta dapat diprediksi secara negatif dan signifikan oleh fatherless. Kelima, kecerdasan emosional pada remaja Panti Asuhan Yatim dan Dhu‘afa Mafaza Yogyakarta dapat diprediksi secara positif dan signifikan oleh kedisiplinan shalat fardhu. Keenam, Kecerdasan emosional pada remaja Panti Asuhan Yatim dan Dhu‘afa Mafaza Yogyakarta dapat diprediksi secara positif dan signifikan oleh fatherless dan kedisiplinan shalat fardhu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Ibrahim, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional; Fatherless; shalat fardhu, remaja. |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 155.5 Psikologi Remaja |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 08:29 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 09:07 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69747 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |