PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA LOMBOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 2 SDN 1 MATARAM

Anggita Agustina, NIM.: 22204082004 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA LOMBOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 2 SDN 1 MATARAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA LOMBOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 2 SDN 1 MATARAM)
22204082004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA LOMBOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 2 SDN 1 MATARAM)
22204082004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki empat aspek keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Siswa kelas 2 sering sekali mengalami kesulitan dalam membaca, sehingga siswa yang belum mampu membaca lancar sering tertinggal dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini juga menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 dengan mengintegrasikan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan kearifan lokal budaya Lombok dengan menggunakan media interaktif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk diuji kelayakan dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan respon guru. Subjek uji coba melibatkan 9 orang siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Uji coba efektivitas menggunakan pra-eksperimen design one group pretest posttest untuk menghitung efektivitas menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) telah berhasil dikembangkan media interaktif berbasis kearifan lokal budaya Lombok dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. 2) media interaktif dinilai sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan validasi dari tiga ahli media dengan skor V =0,8 ahli materi dengan skor V =0,8, ahli materi dengan skor V =0,9 dan respon guru dengan nilai 98. 3) Media interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata siswa 0,3≤ dengan kategori sedang dan kemampuan membaca permulaan siswa dengan perolehan nilai >0,7 sebanyak 2 orang siswa dan 0,3 ≤ 0,7 sebanyak 7 orang siswa. Maka disimpulkan bahwa media interaktif berbasis kearifan lokal budaya Lombok cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 SDN 1 Mataram.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: interactive media; learning motivation; beginning reading; local knowledge
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Feb 2025 09:12
Last Modified: 04 Feb 2025 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69757

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum