Rahma Azizatun Ni’mah, NIM.: 22204022017 (2024) PENGEMBANGAN KAMUS TEMATIK ARAB - INDONESIA (E-MU’JAM) BERBASIS APLIKASI ANDROID DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN KAMUS TEMATIK ARAB - INDONESIA (E-MU’JAM) BERBASIS APLIKASI ANDROID DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA YOGYAKARTA)
22204022017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN KAMUS TEMATIK ARAB - INDONESIA (E-MU’JAM) BERBASIS APLIKASI ANDROID DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA YOGYAKARTA)
22204022017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Problematika pembelajaran kosakata bahasa Arab ini terjadi karena mahasiswa sering menggunakan google translate untuk mengetahui makna/ terjemahan kosakata kontemporer dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia pada mahāratul istimā’ wal kalām, padahal pada aplikasi tersebut masih banyak ditemukan makna yang kurang sesuai dengan kamus bahasa Arab dan tidak pasti memakai rujukan yang benar, sehingga perlu adanya inovasi media pembelajaran kosakata bahasa Arab digital dengan menggunakan berbagai rujukan kamus yang valid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, desain pengembangan kamus tematik Arab-Indonesia (E-Mu’jam) berbasis aplikasi android serta implementasi dan efektivitas penggunaannya pada mahasiswa SII di UNU Yogyakarta. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas data, uji normalitas data, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kamus tematik Arab-Indonesia (emu’jam) berbasis aplikasi android ini disusun dengan konsep tematik tentang kosakata bahasa Arab kontemporer, menggunakan terjemahan Arab-Indonesia, berisi evaluasi interaktif, user friendly, akses offline dan fleksibel. 2) Kamus digital bahasa Arab (emu’jam) berbasis aplikasi android ini dikembangkan dengan model ADDIE melalui tahap analisis kebutuhan dan materi tentang kosakata bahasa Arab kontemporer, desain tematik mengenai teknologi, pendidikan, sosial, ekonomi, serta gaya bahasa Arab (asalibul lughah arabiyyah). Pengembangan melalui aplikasi canva untuk membuat desain interface dan smartapps creator, aplikasi ini divalidasi ahli materi dengan nilai 89,2% dan ahli media 85,5% dengan predikat “sangat layak”. Implementasi melalui pre-test, mendownload aplikasi e-mu’jam pada perangkat masing-masing, menjelaskan cara penggunaannya, mengerjakan latihan dan melakukan post-test. Dan evaluasi dengan nilai post-test pada angka 85,4 dengan predikat “memuaskan”, lebih baik daripada pre-test dengan angka 66,8. Rata-rata persentase respon oleh dosen bahasa Arab sebesar 89% dan mahasiswa sebesar 85,2%. 3) Aplikasi e-mu’jam berhasil diimplementasikan dengan nilai memuaskan dan layak untuk digunakan. Dan hasil uji hipotesis pada pre-test dan posttest menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,05 sehingga penggunaan kamus digital bahasa Arab (e-mu’jam) berbasis aplikasi android dinilai efektif digunakan pada mahasiswa SII di UNU Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Prof. Dr. Maksudin, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kamus Digital; E-Mu’jam; Aplikasi Android |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.78 Bahasa Arab - Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 09:46 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 09:46 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69769 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |