PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF “BONEKA BOTOL” UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 DI SD/MI YOGYAKARTA

Fara Ulfa Br Sinuhaji, NIM.: 22204082032 (2024) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF “BONEKA BOTOL” UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 DI SD/MI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF “BONEKA BOTOL” UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 DI SD/MI YOGYAKARTA)
22204082032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF “BONEKA BOTOL” UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 DI SD/MI YOGYAKARTA)
22204082032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk alat permainan edukatif “boneka botol” untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD/MI Yogyakarta. (2) memperoleh kelayakan alat permainan edukatif “boneka botol” untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik (3) mengetahui efektifitas alat permainan edukatif “boneka botol” untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik (4) kepraktisan alat permainan edukatif “bonek botol” untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD/MI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development) desain penelitian ini menggunakan model ADDIE dikembangkan oleh Robert Maribe Brach yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Lokasi ini di MI Darul Huda Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SD/MI dengan jumlah peserta 28 orang. Instrument dan pengumpulan data penelitian ini menggunakan data hasil penelitian ahli materi, desain media,respon guru, dan respon peserta didik, soal pretest dan posttest menggunakan nilai N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan alat permainan edukatif boneka dinilai sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli desain mendapatkan nilai 73%, validasi ahli materi dengan nilai 82 %,respon guru adalah 82% dan respon peserta didik 96%. Hasil uji efektifitas penggunaan alat permainan edukatif boneka botol untuk meningkatkan minat peserta didik, diperoleh 22 kategori tinggi, 6 sedang,. Sedangkan perolehan dari hasil belajar 15 peserta didik dikategorikan tinggi, 13 sedang. Hasil uji kemenarikan dilihat dari hasil angket respon peserta didik yang memeproleh nilai 96%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media alat permainan edukatif boneka botol sangat efektif dan sangat baik digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas I SD/MI Darul huda Ngaglik Sleman.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si
Uncontrolled Keywords: alat permainan edukatif; boneka botol; minat belajar; hasil belajar; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Feb 2025 12:09
Last Modified: 04 Feb 2025 12:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum