STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PENCEGAHAN PERILAKU PERUNDUNGAN (BULLYING) DI SMP NEGERI 2 PURWOREJO

Muhamad Hani Yusuf, NIM.: 22204012052 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PENCEGAHAN PERILAKU PERUNDUNGAN (BULLYING) DI SMP NEGERI 2 PURWOREJO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PENCEGAHAN PERILAKU PERUNDUNGAN (BULLYING) DI SMP NEGERI 2 PURWOREJO)
22204012052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PENCEGAHAN PERILAKU PERUNDUNGAN (BULLYING) DI SMP NEGERI 2 PURWOREJO)
22204012052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perundungan adalah fenomena gunung es karena banyak kasus yang sudah menunjukkan angka yang mengkhawatirkan. Bullying, termasuk di lembaga pendidikan berbasis nilai-nilai Islam, bertentangan dengan ajaran agama tentang kasih sayang dan penghormatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan pendidikan karakter guna mencegah perilaku bullying di SMP Negeri 2 Purworejo. Penelitian ini berfokus pada bullying yang sering terjadi di SMP Negeri 2 Purworejo, berupa ejekan dan hinaan yang berdampak pada kondisi psikologis siswa. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter seperti empati, saling menghormati, dan kedisiplinan, pendidikan karakter dapat berperan penting dalam pencegahan bullying. Penelitian ini mengeksplorasi peran guru PAI dalam membentuk karakter siswa serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter. Penelitian ini menyoroti kebutuhan mendesak untuk meningkatkan pendidikan karakter, menangani bullying secara efektif, dan mendukung guru dalam menanamkan nilai-nilai moral. Penelitian ini juga mengisi kesenjangan dalam penelitian mengenai peran guru PAI dalam mengurangi bullying melalui pendidikan karakter, serta memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih luas tentang dampak pendidikan terhadap perilaku siswa dan iklim sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan pedagogik dan psikologi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dibahas, dianalisis, diinterpretasi, dan disimpulkan dalam bentuk deskriptif dengan membahas, menginterpretasi, dan menyimpulkan hasil temuan.. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu, untuk memastikan akurasi dan validitas informasi yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Nur Saidah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: character education; bullying prevention.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Feb 2025 14:38
Last Modified: 04 Feb 2025 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69786

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum